Rekans

Nama Kalimantan berasal dari bahasa Setempat Melayu dan Sansekerta dengan tiga
kata utama KALI(Sungai) , eMAs (Emas) dan iNTAN (Intan) ..

Dalam tulisan Hutchinson yang saya baca dari Buku tulisan Bondan Winarno
tentang Busang ,(semoga nggak salah karena buku ini sudah lama saya baca, dan
mungkin sedikit lupa )

Secara Geologi Kata KALI atau Sungai artinya Endapan (Sedimen) Sungai dan
Banyak Sungai .

Kalau Emas memang sampai sekarang banyak yang mendulang Emas ,.

Sementara kalau iNTAN merupakan lambang C (Carbon Murni) bisa Intan sebagai
Batu Mulia bisa juga sebagai Endapan HydroCarbon (HC) dalam wujud Hydrogen dan
Carbon.

Kalau kata Borneo dari penjajah Inggris dari kata BOR atau Drill/ membuat
Lubang

Berhubung Ingris lebih mendunia bahkan bahasanya diakui sebagai bahasa
International . nama BORNEO lebih populer dari Kalimantan .. Semoga Tidak
terlalu salahh .

Salam

Dandy