• Pertama.
Borneo dari kata Kesultanan Brunei Darussalam yang sebelumnya merupakan
kerajaan besar dan luas (mencakup Serawak dan sebagian Sabah karena
sebagian Sabah ini milik kesultanan Sulu-Mindanao. Para pedagang Portugis
menyebutnya Borneo dan digunakan oleh orang-orang Eropa. Di dalam Kakimpoi
Nagarakretagama yang ditulis tahun 1365 Kerajaan Brunei kuno disebut
"Barune", sehingga ada pula yang menyebutnya "Waruna Pura". Namun penduduk
asli menyebutnya sebagai pulo Klemantan.
• Kedua.
Menurut Crowfurd dalam Descriptive Dictionary of the Indian Island (1856),
kata Kalimantan adalah nama sejenis mangga sehingga pulau Kalimantan adalah
pulau mangga namun dia menambahkan bahwa kata itu berbau dongeng dan tidak
populer.
• Ketiga.
Menurut Dr. B. Ch. Chhabra dalam jurnal M.B.R.A.S vol XV part 3 hlm 79
menyebutkan kebiasaan bangsa India kuno menyebutkan nama tempat sesuai
hasil bumi seperti jewawut dalam bahasa sanksekerta yawa sehingga pulau itu
disebut yawadwipa yang dikenal sebagai pulau Jawa sehingga berdasarkan
analogi itu pulau itu yang dengan nama Sansekerta Amra-dwipa atau pulau
mangga.
• Keempat.
Menurut dari C.Hose dan Mac Dougall menyebutkan bahwa kata Kalimantan
berasal dari 6 golongan suku-suku setempat yakni Dayak Laut (Iban), Kayan,
Kenya, Klemantan, Munut, dan Punan. Dalam karangannya, Natural Man, a
Record from Borneo (1926), C Hose menjelaskan bahwa Klemantan adalah nama
baru yang digunakan oleh bangsa Melayu.
• Kelima.
Menurut W.H Treacher dalam British Borneo dalam jurnal M.B.R.A.S (1889),
mangga liar tidak dikenal di Kalimantan utara. Lagi pula Borneo tidak
pernah dikenal sebagai pulau yang menghasilkan mangga malah mungkin sekali
dari sebutan Sago Island (pulau Sagu) karena kata Lamantah adalah nama asli
sagu mentah.
• Keenam.
Menurut Prof. Dr. Slamet Muljana dalam bukunya Sriwijaya (LKIS 2006), kata
Kalimantan bukan kata melayu asli tapi kata pinjaman sebagai halnya kata
malaya, melayu yang berasal dari India (malaya yang berarti gunung).
Kalimantan atau Klemantan berasal dari Sanksekerta, Kalamanthana yaitu
pulau yang udaranya sangat panas atau membakar (kal[a]: musim, waktu dan
manthan[a]: membakar). Karena vokal a pada kala dan manthana menurut
kebiasaan tidak diucapkan, maka Kalamanthana diucap Kalmantan yang kemudian
disebut penduduk asli Klemantan atau Quallamontan yang akhirnya diturunkan
menjadi Kalimantan.

--
Visit http://www.strivearth.com and be entertained

Kirim email ke