From: lia...@indo.net.id
Sent: 15 May 2012 21:32
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] HARGA GAS !!! tURUN ???

Abah, lha di kita malah naik , berita di Kompas PGN mau
menaikan harga gasnya ke konsumennya dari 6,7 $/mmbtu ke 10,2 $
( naiknya nggak tangung tanggung 55 % ).kalau dikita sebetulnya konsumennya di
dalam negeri ( listrik &
industri ) lumayan , namun belum bisa tercukupi. PGN saja yg
jual ke industri masih tekor , dari Kontraknya dg kkks 1000
mmscfd hanya dikirim 800 mmscfd , padahal total kebutuhan untuk
industri mencapai 2100 , belum lagi untuk listrik sekarang
sekitar 1700 yg bisa terpenuhi baru 40an % nya. dengan
pertumbuhan listrik 9%/tahun tentunya kedepan juga semakin
besar kebutuhan energi primernya ( antara lain gas ).dengan tingkat produksi
gas kira kira 7700 , maka untuk
kebutuhan dalam negeri saja sudah 50an % saat ini dan akan
meningkat terus. apalagi kalau semua transportasi pakai
gas.kalau produksi tdk naik mungkin sebentar lagi akan terserap
hanya untuk di dalam negeri, belum lagi untuk ke Singapore ,
singapore ini listriknya lebih 80% pakai gas, dikita listrik
malah baru 25% nya yg pakai gas. .....
ISM

> Rekan anggota IAGI
>
> Katanya harga narural gas di USA sudah berada dibawah kisran
> US 2.00 per MBtu, apakah ini akan berdampak kepada harga
> natural gas dunia ?
> Sampai dimana hal ini akan berdampak pada harga gas domestik
> ?
>
> Mohon pecerahannya . Terima kasih.
>
> si Abah

indomail - Your everyday mail - http://indomail.indo.net.id

Ketua Umum: Rovicky Dwi Putrohari, rovicky[at]gmail.com
Sekjen: Senoaji, ajiseno[at]ymail.com
For topics not directly related to Geology, users are advised to post the email
to: o...@iagi.or.id