Mas, koreksi: kekar kolom dapat terbentuk pada neck, dyke, sill maupun lava
flow, bahkan pada welded tuff kadang- kadang membentuk kekar kolom.

Salam,

Yatno

From: Bandono Salim [mailto:bandon...@gmail.com]
Sent: Monday, July 30, 2012 6:33 PM
To: Iagi
Subject: Re: [iagi-net-l] Re: INDONESIA BICARA: SITUS PURBA GUNUNG PADANG

Aku baru dari labnya andre, dia telah sayat kekarkolom dari gn padang,
surprise bagi ku, ternyata diabas. Tadinya aku kira andesit lho.
Kekarkolom akan terjadi bukan pada aliran lava, tetapi pada sill atau dike
yang tidak muncul dipermukaan.
Perlu waktu dan peredam panas untuk membentuk membuat kristal dan kekarnya.
Kalau terlalu cepat membeku kan akan jadi gelas.
Arah ke gn gede, lebih cocok dibentuk oleh dike yang radial dengan kepundan
gn gede.
Kedalaman/ketebalan batuan penutup berapa yang mampu menahan panas,sehingga
xtalisasi sempurna, akan aku cari dari literatur.(Ada yang dapat sharing?)
Salam.