Yth. Pak Ketua Umum dan Sekjen IAGI
Yth. Ketua Panitia PIT IAGI ke-41 Yogyakarta

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera untuk kita semua, rekan-rekan IAGI

Meriah PIT IAGI Yogya yang baru lalu!!!

Kehadiran saya selain sebagai pribadi, juga mewakili Pengda IAGI Sumsel pada
kegiatan Rakernas.

Pada PIT kali ini, saya berkontribusi dengan menuliskan dan mempresentasikan
dua paper: UG-09  dan EG-13.

Namun, sepulang dari Yogya. sebagai pribadi saya kecewa sekali. Mengapa?

       1.            Prosiding yang dicetak tidak dilengkapi dengan ISBN
(International Standard Book Number)

       2.            CD Prosiding dibuat, maaf, tidak standar: tidak sama
seperti versi cetaknya, tidak ada cover, halaman judul, daftar isi. Per
chapter: ada yang bernomer halaman, namun ada juga yang tidak, dan sayangnya
nomor halaman tidak urut.

Bukti publikasi bagi kami sangat penting sekali, apalagi yang berkarir di
Pendidikan Tinggi atau Lembaga Penelitian, misalnya publikasi di jurnal
dengan ISSNnya atau prosiding dengan ISBNnya. Adanya ISBN artinya adanya
pengakuan bahwa buku yang dicetak (prosiding) IAGI terdata dalam Katalog
Dalam Terbitan (KDT) di Perpustakaan Nasional RI, yang berarti juga
pengakuan atas karya ilmiah (hak cipta) yang telah diterbitkan oleh IAGI.
Atas tidak adanya ISBN tersebut, maka kami merasa dirugikan karena dua paper
kami dianggap tidak memenuhi syarat sebagai paper terpublikasi nasional,
sehingga tidak dapat diklaim untuk :

       1.            Melengkapi paper kami lainnya sebagai pemenuhan syarat
untuk ujian/promosi S3

       2.            Tidak dapat diklaim sebagai hasil penelitian
berdasarkan syarat angka kredit untuk pengajuan kenaikan pangkat.

Besar harapan bahwa ini direspon positif, dan kalau memungkinkan ada
perbaikan untuk hal di atas (perbaikan prosiding minimal versi CD), sehingga
bermanfaat bagi kita semua.
Mohon maaf kepada Pak Ketua Umum IAGI, Pak Sekjen dan Ibu Ketua Panitia PIT
IAGI ke-41 Yogyakarta kalau yang saya sampaikan tidak berkenan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Geologi!!!

Budhi Kuswan Susilo

KBK-Geologi :