Terimakasih infonya Pak Eddy,
Mungkin karena penyelenggaranya UI, dimana hanya UI dan UGM yg memiliki
Fakultas Geografi, sehingga mereka (UI) juga ingin mengunggulkan
Fakultasnya Geografinya. Barangkali saja yg akan dibahas sisi geografisnya
(kependudukan dan sisi sosiogeografinya) cmiiw.

Sebenernya sisi yg dibahas dalam pembangunan jembatan selat Sunda ini
banyak sekali. Tidak hanya geologi. Seperti yg diberitahukan oleh Pak
Ipranta, Ketua Bid Kebencanaan PP IAGI. Pembahasan khusus geologi akan
dibahas disitu.

Salah satu pertanyaan sisi sosio kulturalnya adalah 'mengapa dibangun
jembatan, kenapa kok bukan diperbaharui dan ditingkatkan pelabuhan dan
pelayarannya ? Bukannya Indonesia negeri Maritim ?'

Dari sisi geologi, kemarin sewaktu PIT di jogja dalam booth juga dipamerkan
riset geologi oleh Geologi Marine ttg lintasan seismic dangkal yg sudah
dianalisa. Saya dan Danny Hilman sempat berdiskusi lama di booth ini. Danny
concern adanya gawir curam yg dicurigai patahan. Tapi setelah saya tengok
seismic asli lainnya, gawir istu membatasi endapan2 hasil periodisitas
vulkanisme di daerah ini.

Sangat menarik mengetahui geologi daerah ini, ada endapan vulkanik hasil
gunungapi dipantai barat Jawa, asik juga mempelajari geologi kuarter 'sub
aqueous'.

Jadi saya kira bukannya geologi diabaikan tetapi konsen seminarnya mungkin
bukan kondisi bawah permukaan.
Memang barangkali sentilan Pak Eddy ini menjadi satu ide utk IAGI ikut
mengadakan seminar atau talk khusus ttg jembatan selat Sunda. Apakah sudah
ada anggota IAGI yg siap materi utk kita diskusikan dalam panel diskusi ?

Salam sukses !
Rdp