Secara sederhana saya bisa paham pak Rudy R.
Perpanjangan atau terminasi kontrak bukan hal urgen saat ini. Biarkan saja
kontrak Mahakam berjalan hingga akhir saat habis kontraknya. Toh dengan
membiarkan kontrak berjalan hingga akhir tidak menjadikan negara ini salah
dimata hukum. Lah wong kita tahu bahwa kontrak PSC itu tidak mengenal
perpanjangan.
Silahkan baca kontrak PSC, disana tidak ada, sekali lagi TIDAK ADA pasal yg
menyangkut tentang perpanjangan. Tapi adanya masalah terminasi. Kontrak
akan terminated bila, tiga tahun pertama, tiga tahun kedua, dan bisa
diperpanjang masa eksplorasi hingga 10 tahun.TAPI akan terminasi juga
setelah berjalan 30 tahun !
Jadi kalau kita (pemerintah) membiarkan kontrak itu berjalan hingga akhir
maka kontrak otomatis terminated. Deerah operasi dikembalikan ke negara ...
Smua sudah diatur dan dilindungi hukum hingga kontrak berakhir dengan
sendirinya.

Justru pemerintah malah mau mencoba membuat aturan perpanjangan ini yang
menurut saya berbahaya. Jangan membuat aturan perpanjangan yg justru akan
menjebak pemetintah sendiri.

Persoalan siapa yg akan melanjutkan mengoperasikn blok mahakam, itu soal
berbeda dengan terminasi kontrak. Kalau produksi turun pemerintah ga usah
panik. Secara alami kan emang produksi lapangan migas itu pasti turun. Toh
setelah dikembalikan bisa diproduksikan lagi kan ? Apa kontraktor ngga
pingin menggenjot produksi sampai batas akhir kontrak, ya bodo
kontraktornya kalau dibiarkan turun, malah operatornya rugi sendiri kan ?
Yg penting kontrak diapresiasi kedua pihak.

Just my personal opinion

Rdp

--
*"Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"*

Kirim email ke