Selain melakukan kalkulasi sederhana untuk menghitung Pgs nya, bisa pula dibuat
semacam  combined play fairway map yang merupakan gabungan dari risk/confidence
setiap unsur  petroleum system yang ada di daerah tersebut.

Oret-oretan saya dari hasil komen ibu2/bapak2 sebelumnya mengenai risk
pet.sys-nya kira-kira sbb:
1-reservoir presence: low risk  (high confidence)
2-reservoir effectiveness : moderate risk. tight.
3-sealing presence: ?low risk  (high confidence)
4-sealing effectiveness:  moderate risk. kemungkinan ada leaking melalui faults
5-trap presence: low risk  (high confidence). Terpetakan dengan 2d seismic.
6-source rock presence: ?low risk  (high confidence). ?Drilling dihentikan
sebelum masuk ke underlying SR interval. Namun regional geology mengindikasikan
pelamparannya sangat intens.
7-source rock effectiveness: ?low risk  (high confidence). efektif untuk
menggenerate hc.
8-hc maturity:  ?high risk (low confidence). Kemungkinan over mature mengingat
SR-nya saat ini ada di kedalaman sekian km apalagi jika ditambah burial time
nya sudah relatif lama. Namun bisa berubah jadi moderate risk jika subsidence
hingga ke kedalaman saat ini baru terjadi recently (burial time masih relatif
singkat)
9-hc migration: ?high – moderate risk. Possibly migrasi terjadi sblm struktur
terbentuk. Adanya show dan gas reading bisa jadi indikasi ada hc yg pernah
numpang lewat doang.

Karena seorang eksplorationist katanya diperbolehkan (?diharuskan bisa)
berandai-andai sepuasanya selama masih dlm koridor, kira-kira beberapa scenario
lain yang mungkin seperti berikut ini:

SCENARIO 1-  asumsi bahwa trap belum sempurna saat hc matang dan bermigrasi.
Basin modeling /hc maturation modeling akan sangat membantu menjelaskan kapan
peak dari maturasi dan migrasi hc. Informasi mengenai waktu dari pemodelan ini
bisa jadi input untuk merekonstruksi konfigurasi paleo high/paleo low saat
maturasi dan migrasi hc itu seperti apa. tentunya kita aware bhw structural
high yang  ada dan di-drill di semai  v adalah present-day structure (saya
asumsikan bahwa lokasi yg di drill adalah the highest point di suatu fault
block dari sekian banyak compartments). jangan-jangan  saat peak migration,
ada closure tinggian lain tempat larinya hc, dan tinggian yang dibor skrg saat
itu masih flat.  Salah satu pertanyaan yang timbul: jika paleo-high tsb saat
ini sudah bukan tinggian lagi apa hc nya tidak ber re-migrasi ke tinggian lain?
bisa jadi tidak ber-remigrasi. alasannya: 1-jika sesaat setelah terisi hc,
bagian flank dari tinggian tersebut
  mengalamai  deteriorasi properti  sehingga  saat ini terlihat seperti
"stratigraphic" trap. 3d seismik mungkin bisa membantu mengidentifikasi
“stratigraphic” trap tsb berdasarkan reservoir /non-reservoir atau porous
/non-porous secara kualitatif.
#Dimana posisi paleo-high itu sekarang..? Mungkin pantas untuk dicoba#

SCENARIO 2- asumsi bahwa trap-hidrocarbon migration timing bekerja sempurna. Hc
yang mengalir dari suatu low area ke high area akhirnya tertahan oleh sealing
fault yang sudah ada saat itu. Akibatnya upthrown block tidak terisi hc. Hasil
dryhole di ?crestal area saat ini tidak otomatis berarti bhw di
flank/downthrown otomatis kosong. Jika scenario ini betul, maka yang pantas
untuk dikejar adalah 3 way closures downthrown block against sealing fault.
Satu syarat lainnya agar scenario bisa berjalan adalah bahwa 3 way closures ini
sudah ada sejak jaman baheula.
#Dimana kira-kira 3 way closures yang masuk kriteria..? Mungkin pantas pula
dites. Kalau ada 3d seismik, smaller dan isolated 3 way closures akan relative
mudah teridentifikasi#

SCENARIO3- asumsi bahwa trap-hidrocarbon migration timing berjalan semestinya.
namun mengingat intensnya fault yang memotong closure ini , bisa jadi hc yg
sblmnya sudah terperangkap leak ke shallower interval yang bisa jadi posisi
sumbu tinggiannya tidak segaris dengan sumbu tinggian primary objective semai V
yg baru saja di bor. Salah satu implikasinya, tidak ada indikasi show/gas
reading di potential “secondary” objective tersebut.
#Dimana posisi potential “secondary” objective tersebut itu..? kalau bisa
dipetakan akurat lewat 3d seismik, apalagi jika sudah didukung bright spot yg
align sama closure-nya...tentu pantas pula untuk dites#

...Plus scenario2 lain yang lebih geo-logis.

Intinya: basin/hc maturation modeling dan 3d seismik keduanya perlu dan saling
melengkapi  :-)

salam,
Andi-npa2994.