Ijin nambahkan pak Wafid.
Pernah juga BG menerbitkan KOMIK MINERAL dan KEHIDUPAN, AIR TANAH, GUNUNG API
dll yang sangat diminati mulai dari anak-2 K sampai kakek/nenek..

________________________________
 Dari: mhd wafid <wafid....@gmail.com>
Kepada: iagi-net@iagi.or.id
Dikirim: Selasa, 29 Januari 2013 8:07
Judul: Re: Bls: Re: [iagi-net] Majalah Populer Kebumian

Rekan-rekan, memang betul...penerbitan majalah, buku atau apapun jurnal ilmiah
selalu terkendala di pemasok tulisan.

Sebagai informasi saja barangkali rekan-rekan belum mengetahui, bahwa di Badan
Geologi, selain jurnal-jurnal ilmiah sains seperti JURNAL GEOLOGI, JURNAL
GEOLOGI DAN BENCANA juga telah diterbitkan majalah geologi populer dengan isi
yang padat, ringan dan mudah difahami oleh semua kalangan seperti WARTA
GEOLOGI, GEOMAGZ (dapat dilihat di
http://www.bgl.esdm.go.id/index.php/publikasi/geomagazine)

Salah satu contohnya adalah GEOMAGZ Vol.2 No.3 September 2012 dengan tulisan
utama Menjelajah Ingatan Akan Krakatau 1883 dan memperkenalkan profil M.M.
Purbo-Hadiwidjoyo (dapat di download di
http://www.bgl.esdm.go.id/index.php/koleksi-geomagazine/277-geomagz-volume-ii-no-3)

Semoga menjadi informasi berguna.

Terima kasih

2013/1/29 yustinus yuwono <yustinus.suyatno.yuw...@gmail.com>

Kang Awang dan lainnya,

> [...]
>anda2 atau kita2 sebagai narasumber yang kebanyakan males nulis naskah ini.
>Atau kita boleh (bahkan diharapkan) menyumbang tulisan populer langsung, foto2
>dll, tapi kalo dimuat ya harus dibayar seperti nulis di koran atau majalah
>umum.
>Jadi pengelola dan karyawan majalah ini haruslah full timer yang digaji IAGI,
>uangnya dari hasil penjualan majalah dan pemasukan dari iklan. Penerbit/
>penanggung jwb nya ya IAGI sehingga keuntungan nya masuk kas IAGI. Untuk ini
>kan perlu modal awal? Maka kita hubungi para sponsor yang terketuk hatinya.

 sehat atau sakitnya suatu organisasi, lihat saja AAPG atau GSA (Geological
Society of America), dua organisasi geologi
 sangat sehat di dunia.

 menjaganya, jauh lebih sulit daripada membangunnya. Bila kita mau serius
membangun publikasi populer IAGI, mari kita "bersumpah" untuk konsisten baik
para pengurusnya maupun para anggotanya.

Salah satu yang menjadi kendala dalam penerbitan di IAGI itu antara lain
kesulitan mencari penulis. Dengan munculnya semangat ini semoga nantinya
Majalah Berita IAGI

--

PPlease consider the environment before