From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
Sender: <iagi-net@iagi.or.id>
Date: Tue, 23 Apr 2013 07:56:39
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: [iagi-net] Patahan Memotong Banda Arc
 Tiko

 Untuk patahan yg memotong Papua memang secara morfologipun juga terlihat
lineament-nya. Namun saya tidak menyangka kalau sampai memotong "tapalkuda"
Banda Arc. Selama ini tapal kuda Banda Arc selalu dilihat sebagai satu
kesatuan genesa. Sehingga pendekatan eksplorasi mineral maupun eksplorasi
migas selalu menggunakan analogi antara Banda Arc Utara dengan Banda Arc
Selatan.
  Ini memang menjadi kompliasi mungkin disebabkan karena adanya dua atau
lebih periode genesa tektonik yang saling tumpang tindih. Periode drifting
Australian Plate (Mezo-Paleozoic) dan periode "plate crusting and locking",
bertubrukan dan saling mengunci (Cenozoic). Tectonic recent dengan
pengukuran GPS memang mungkin merekam remnant-remnant struktur lama, namun
perlu hati-hati ketika mencoba untuk rekonstruksi. Karena menurut saya
tectonic overprintingnya sangat 'severe'. satu dengan yang lain bisa saling
'overshadow'.

 Banda Arc sudah harus ditinjau ulang tectonicnya. Peta Tektonik Indonesia
2008 ini sudah harus kita revisit dan kita review ulang. Ini tidak hanya
untuk eksplorasi migas, eksplorasi mineral bijih tentunya juga perlu
ditinjau ulang. Pak Daru, Mas Adi Maryono, Kang Imung ?

--
*"**Good idea is important key to success, "working on it" will make it
real."*

Kirim email ke