From: iagi-net@iagi.or.id [mailto:iagi-net@iagi.or.id] On Behalf Of
suci...@gc.itb.ac.id
Sent: 03 Maret 2014 16:45
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: RE: [iagi-net] SBY serius akan memugar G Padang (TL dating),

Pak Danny dan rekan-rekan IAGI net Yth.,

Usulan mengunakan gerabah/tembikar/keramik (kalau ada)dengan metoda
Thermoluminescence (TL) dating yang saya ungkapkan waktu diskusi Gn.
Padang di ITB, Jumat lalu adalah untuk membantu dalam penentuan umur.
Mengingat Pak Danny mengatakan bahwa sampel Carbon dating di ambil dari
tanah timbunan situs Gn. Padang yang tentunya akan lebih tua dari umur
pembangunan situs tersebut.

Secara prinsip: Thermoluminescence (TL) dating is the determination, by
means of measuring the accumulated radiation dose, of the time elapsed since
material containing crystalline minerals was either heated (lava,
ceramics) or exposed to sunlight (sediments). As a crystalline material is
heated during measurements the process of thermoluminescence starts.
Thermoluminescence emits a weak light signal that is proportional to the
radiation dose absorbed by the material.

Dengan demikian kita tidak menentukan umur material keramiknya tapi lebih ke
umur pada saat material tersebut dipanaskan.

Dari beberapa material yang pernah kami uji....ternyata mineral kuarsa
memberikan umur yang relatif bagus pada metoda Thermoluminescence (TL)
dating.

Salam,
Eddy Sucipta, GL - ITB

> [...]
> bio-organism yang hidup pada masa pembangunan situs.  Asumsi ini belum
> tentu benar, karenanya masih harus dilakukan pengujian lebih lanjut.
> Sampel bor terbatas, sering tidak ada pilihan, harus dari penggalian
> sehingga bisa pilih sampel karbon yang terbaik.
>
> Kenapa gerabah?.   Kalaupun ada gerabah, saya malah tidak mengerti  apakah
> unsur karbon yang terkandung dalam material gerabah akan
> merepresentasikan umur ketika dibuatnya gerabah tersebut?  Gerabah
> terbuat dari tanah... dan tanah bisa saja diambil dari tanah yang
> umurnya jauh lebih tua dari ketika gerabah tersebut dibuat.

Siapkan waktu PIT IAGI ke-43
Mark your date 43rd IAGI Annual Convention & Exhibition
JAKARTA,15-18 September 2014
Hubungi Kami: http://www.iagi.or.id/contact
Iuran tahunan Rp.250.000,- (profesional) dan Rp.100.000,- (mahasiswa)
Atas nama: Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Bank BCA KCP. Manara Mulia