Kujang itu awalnya alat pertanian; disebut sebagai kudi dlm bhs daerah di
Jawa.
Ada ungkapan  bhs Sunda tentang itu maaf aku lupa lengkapnya;  tetapi
begini bila suatu kelompok bintang muncul maka gunakan kujang untuk membuka
hutan untuk membuat huma. Ingat dulu di wilayah Jawa Barat tidak mengenal
sawah; tetapi huma untuk menanam padi dll.
Salam hotmat, bdn.