Menyangkut dana energi ini ada dua hal, pertama ttg Sumber
Dananya  ini  menyangkut dasar hukumnya , mekanisme
pengambilannya serta penyimpanannya / pembelanjaannya (
tentunya masuk  mekanisme APBN karena dana negara ), kita tdk
perlu masuk diranah ini.
 Yang kedua ttg Kegunaannya , kalau kita baca dimedia kegunaan
 dana ini untuk kegiatan pengembangan EBT dan juga kegiatan
 ekplorasi .Dalam pengembangan EBT ada didalamnya Geothermal yg dekat dekat
dg Geologi , ini artinya ada kegiatan geothermal ( hulu dan
Hilir )  yg akan didanai oleh Dana Energi . Kalau kita baca PP
Kebijakan energi 2014 , disitu ditargetkan EBT paling sedikit
23% di 2025 ( 10 tahun lagi ) bisa jadi untuk mencapai target
tsb  Geothermal akan berkontribusi lbh dari 10.000 MW di 2025
nanti, sedangkan saat ini baru ada kurang lebih 1400 MW  daya
terpasangnya , pertanyaanya Mungkinkah target tsb dipenuhi
dalam kurun waktu 10 thn yang akan datang ? tentunya jawabannya
bisa Ya atau Tidak , Coba kita tengok kebelakang Geothermal ini
pertama kali di pakai untuk listrik pada tahun 1983 dg
Kapasitas terpasang 30 MW di Kamojang dan sampai saat ini (
2015) baru mencapai 1400 MW , ini artinya tiap tahun hanya
mampu menambah kira kira 40 MW , dengan asumsi ini artinya
dalam sepuluh tahun kedepan ( 2025 ) baru akan menambah tidak
lebih 500 MW jauh dari target KEN yg 10.000 MW tsb, ini artinya
harus ada Usaha yg super maksimal untuk memenuhi target KEN
2025 tsb ( kalau tidak tercapai berarti menyalahi PP ) ,
Pertanyaanya Bagaimana menggunakan alokasi dana energi tsb
untuk mencapai target di KEN tsb ? karena waktunya tinggal
sepuluh tahun disisi lain pembangunan Geothermal itu memakan
waktu 7 thn mulai dari ekplorasi samapai Nyala listriknya  ,
jadi harus betul betul dirumuskan dg akurat bagaimana
mengalokasikan dana tsb ( kalau ada ) apakah untuk ekplorasi
atau yg lain . atau malah jangan jangan rendetnya/ macetnya
bukan karena kekurangan dana .
Kemudian dana energi tb juga akan digunakan untuk ekplorasi (
secara soesifik ekplorasi migas ) dg tujuan akhir untuk
meningkatkan produksi , Pertanyaanya kegiatan ekplorasi apa
saja yg bisa menggunakan dana ini ( R & D ) , kemudian siapa yg
ditugasi untuk menggunakan dana tsb apakah Lembaga R & D Plat
merah atau  langsung ke BUMN Migas ( Penugasan ke BUMN / bisa
dg model  PMN) , dll
Masih banyak PR yg harus dikerjakan untuk " Membumikan "  dana
energi tsb , shg tepat sasaran dan sesuai dg tujuannya,Kalau kita tengok
kebelakang kita itu sdh sering membuat aturan
/ regulasi/ kebijakan , namun hasilnya belum bisa maksimal
kadang malah lbh ke "euforianya"
ISM

indomail - Your everyday mail - http://indomail.indo.net.id