Sangat menarik diskusi tentang cdma ini, apalagi sudah mulai dipandu oleh
pekerja yang memang di operator cdma sendiri. Hehe...

Pertama, karena awam sangat mengenai teknologi ini. Maka sering kali info
yang saya dapat absurd.
Orang awam nanya ke cs awam juga yah sama klop, keblinger semua hahaha.

Penjelasan dari bro Januar sangat jelas. Hal ini yang saya suka dgn sharing
di milis. Lebih terbuka. (Yuk atur waktu untuk diskusi sambil lunch dgn SA
dan member2 lainnya)

Mengenai handset android cdma saya yang dari US, emang karena jauh
lokasinya, dgn mudah kita bisa langsung pakai setelah inject dll. Even bad
esn!

Tapi emang betul, contract plan disana berlaku 2 tahunan dan unsubscribe di
tengah jalan akan kena penalty yang lumayan. Setiap keluar android cdma
baru, selalu ada contract plan dgn nomor baru lagi.. existing number kena
charge tambahan lagi dari harga paketan seharusnya.

Speed juga gak ngebut2 amat. 4G sprint sekitaran 4-7mbps untuk skrg ini.
Coverage juga masih terbatas.

Tapi apakah karena kita berbudaya Timur, yang "gak enakkan/sungkan" inject2
ini bisa lebih ditolerir \(`⌂´)/

--rc
Jaws-MIUI RC1

HTC Android Phone with HTC Sense and HTCsense.com
http://www.htc.com/DesireHD/
---------------------
ID Android Developer
http://groups.google.com/group/id-android-dev