Saya nambahin dikit dehh,selain karena masalah legal dan kerjasama seperti
yang dibilang bro lesjaw, terkadang ada juga kecenderungan "mengarahkan"
pengguna produk x untuk sekaligus menggunakan produk y.Contoh yang bisa saya
berikan untuk hal ini adalah ipod,ipod gak pernah jadi barang murah,selalu
barang mahal,bahkan bekasnya pun masih mahal,tapi ipod kalah sama mp3 player
buatan rrc yg 200 ribuan dan pake sd card untuk urusan drag and drop
lagu.ipod musti pake itunes dulu di sync ,searah lagi,jadi gak bisa kopikan
mp3 punya kita ke mp3 punya temen(by default yaa).Apakah lantas ipod itu
barang jelek yg overpriced? tidak,bahkan masih mp3 player terbaik kalo
menururt saya,dan alasan utama apple menggunakan metode itu adalah
membiasakan pengguna ipod menggunakan itunes sebagai player di
komputernya,bye bye windows media player dan kawan kawan,meskipun alasan
yang lain selalu juga dikemukakan yaitu demi menjaga copyright lagu.

Hal yang sama mungkin juga berlaku di android,tukeran file? gmail aja lahh
yaa,foto? pake picasa nya doonk,video? ntuh ada yutub? dengan begitu akan
semakin banyak orang terbiasa menggunakan fasilitas diatas yang semuanya
milik google . Nahh di kasus android ini,hardwarenya memungkinkan kok buat
transfer bluetooth,buktinya ada apps untuk menjembatani itu cuman mungkin
google memikirkan faktor faktor diatas tadi seperti
legal,kerjasama,marketing tersembunyi,dll.

Mungkin juga google menyetujui prinsip yang sama dengan oom setip si
pimpinan buah apel,bahwa untuk menjadi pemimpin pasar ,anda tidak harus
selalu tunduk pada pasar,seperti teman saya cholil ,gitaris dari band Efek
rumah kaca yang selalu berkata "Pasar bisa diciptakan"

cheers........with cider now