Gw kontra root, *lebih tepatnya* kontra dengan pemanfaatan keterbukaan di
Android yang tapi malah bikin ngga efisien. Restriksi di iPhone belom tentu
merupakan hal yang buruk.

Artikel:

Remember, an un-rooted Android phone still allows more user customization
> than anything else out there, and if the Charm can do it, your phone can,
> too. Who cares if it takes two seconds to open the web browser instead of
> one and a half seconds? Your time isn’t that valuable – nobody’s is. Stop
> worrying about all those benchmark scores and the ZOMGHAXX!! that squeeze a
> tiny bit more performance out of a phone. *It’s a phone*.

http://www.androidcentral.com/sometimes-root-isn%E2%80%99t-answer?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+androidcentral+%28Android+Central%29

Jadi kalau memang ngerti & bisa utak-atik tanpa malah bikin ngga efisien,
silakan. Kalau ngga bisa, ga punya waktu, gak perlu.

Yang penting ngerti/sadar mengenai "keterbukaan yang malah bisa bikin ngga
efisien" tadi. Jangan melakukan "utak-atik" dengan salah trus abis itu
komplain kalo batre android cuma tahan standby di bawah 10 jam. Galaxy Ace
aja gw baik stock maupun rooted & ganti rom sama-sama bisa tahan di atas 24
jam:

https://groups.google.com/d/msg/id-android/TJDN35wQInk/LEbBlcxYtwwJ

Menanggapi list om Alex:

   1. Masih bisa install manual (kecuali apps yg perlu root tentunya)

   2. Kalau ngga terlalu butuh untuk "melakukan screenshot di mana dan kapan
   saja secara portable", masih bisa dilakukan sambil terkonek ke SDK. Selain
   itu, umumnya Samsung Android bisa screenshot langsung dengan tombol, ini
   untuk
Gtab<http://www.mwd.com/2010/11/how-to-take-screenshot-with-samsung-galaxy-tab/>
   .

   3. Gw sukanya yang standar/orisinil. :D Gw anggap overclock memberi beban
   berlebihan dan underclock mengurangi performa. Selama ini gw belum pernah
   nemu kebutuhan untuk over/underclock, baik karena "kekurangan speed" atau
   "merasa terlalu boros batre".

   4. Ini adalah salah satu hal yang gw anggap perlu, yang tapi ga bisa
   dilakukan tanpa root. Di desktop gw juga pakai sistim clone-restore, jadi
   ibaratnya kalau abis di-clone tuh mau kita obrak abrik sampe ancur juga
   tetep bisa dibalikin ke awal cuma dalam waktu ~5 menit.

   Untuk menanggulanginya gw harus install ulang setiap aplikasi (tiap gw
   factory reset). Gw juga pasang aplikasi untuk backup SMS ke Gmail.

:D

*menurut mereka akan*

*lebih powerfull, tapi alasan ini masih begitu abstrak untuk saya*

Coba tanyakan mengenai aplikasi "auto task killer" atau "task killer" secara
umum. Kalau mereka mendukung aplikasi2 tersebut (untuk Gtab spesifiknya),
maka di masa depan cuekin aja "nasehat2" dari mereka. :p

Ngutip dari thread sebelah:

"..if your "techy" friend told you to download a task killer, please, ignore
> any advice from them in the future, you will regret it if you don't."

Yang di thread sebelah2nya lagi masih banyak juga yang menyarankan untuk
nginstall auto task killer.

Kirim email ke