Problem semua ini adalah ketidak mampuan pemerintah dalam menciptakan
"ekonomi yang efisien di era demokrasi".
Terkadang ada kesan "ekonomi yang efisien" hanya dapat diciptakan
pemerintahan otoriter (China, Vietnam? dll).

Namun benarkan demikian? sampai saat ini, saya masih belum bisa menjawab.

Saya pribadi termasuk yang mengecam aksi perusakan pabrik, karena ini
termasuk anarkis.

Btw, bicara faktor produksi al:

-Modal
-Lahan
-Tenaga kerja
-Teknologi

Dulu perekonomian Indonesia mayoritas ditopang sektor
pertanian/agraris, memasuki  tahun (mungkin) 70 an  mulai muncul
sektor Jasa dan  Manufaktur walau dalam porsi kecil. Sampai saat ini
sektor pertanian masih sangat besar dalam mata pencarian penduduk.
Pengusaha dan buruh adalah partner yang saling menguntungkan!

Hemat saya Buruh dan pengusaha sama-sama "korban"

Buruh menuntut kenaikan upah juga dilandasi alasan yang logis, karena
naiknya kebutuhan biaya hidup juga naiknya inflasi.  (salah
pemerintah)

Pengusaha juga punya alasan yang logis dalam menyampaikan
keberatannya, naiknya biaya produksi, bunga pinjaman serta utang yg
harus dibayar, plus biaya-biaya "siluman" yang wajib dikeluarkan
(salah pemerintah).

Dikatakan pendapatn perkapita orang Indonesia  hampir 30 juta/tahun,
menurut saya pribadi, masalahnya adalah soal distribusi pendapatan
yang sangat tidak merata/timpang. Mungkin  banyak yang pendapatannya
hanya 10 juta/tahun.

Nah, sisi pemerintah juga pusing, misalnya  belanja 1 tahun  butuh
dana 1500 triliun, sementara pendapatan pemerintah hanya 1000 Triliun,
artinya  pemerintah minus 500 triliun. Lalu pemerintah mencoba
menjual aset BUMN (privatisasi) dan mencabut subsidi BBM senilai 300
Triliun demi memenuhi kebutuhan belanja.  Akibat dicabutnya subsidi
BBM (hampir 300 Triliun), lagi-lagi mengakibatkan inflasi
dimasyarakat, menuntut upah naik, terjadi PHK dll.

Ekonom di pemerintahan juga ahli dan jago ekonomi, tapi memang
sepertinya  kita masuk dalam lingkaran "setan"  ya?

Semoga Indonesia lekas keluar dari masalah ini, demi terwujudnya
"efisiensi". semoga

Hidup Buruh dan Pengusaha (Partner saling menguntungkan)

Agus Hamonangan

Founder ID-ANDROID | Indonesian Android Community

Web/Forum  : http://forum.android.or.id
Groups/Milis : http://groups.google.com/group/id-android

Gtalk  : id.android
Follow : @agushamonangan
E-mail :  id.andr...@gmail.com

2012/11/5 Goutama Bachtiar <gbcdr...@gmail.com>:
> Kepingin tahu sebenarnya formulasi UMR tiap propinsi itu kayak apa sehingga
> bisa muncul angka sekian juta rupiah
>
> Benarkah UMR di Indonesia tinggi? Kalau iya, sudah benchmark dengan negara
> mana yang "setara"?
> Kalau pendapat pribadi sih dengan 1.5jt rupiah, apa bisa hidup layak dengan
> skala minimum sementara makan di warteg buat sendiri saja dgn lauk pauk
> lengkap sudah hampir 10 ribu rupiah? Nggak punya data upah minimum di
> Vietnam dan India, yang kata investor murah, cuma yang jelas di kedua negara
> itu cost of living lebih rendah dibandingin disini.

> [...]

Samsung GALAXY SIII hanya Rp 5.965.000 di Multiply.com
Super Sale! Click http://bit.ly/drogadtor
E-mail: syaf...@gsmaku.com  Hp: 0881-1515151
E-mail: wi...@eceranshop.com  Hp: 0815-56599888
Web + email + domain .web.id: 75rb / TAHUN - http://www.hostune.com