Menarik sekali diskusinya..

Gara gara masalah ini hobi para penggiat gadegt pun kena imbasnya...tapi
mungkin ada baiknya juga mengerti masalah seperti ini srbagai pengetahian
dan bahan empati bagi buruh serta pengusaha..

Berikut saya kutip dari catatn blogger;

Klo mau lebih lengkap silahlan ke :

http://adiyatnapages.wordpress.com/2011/10/04/teori-nilai-lebih-serta-hubunganya-dengan-upah-para-buruh/

Pemahaman para ekonom modern klasik saat ini ialah teori nilai lebih ini
membahas tentang bagaimana para pengusaha menetapkan harga barang yang
dijual. Padahal, teori nilai lebih tersebut membahas tentang bagaimana
pengusaha mempercundangi karyawannya dalam menetapkan Upah mereka.

Mari kita mulai membedah teori nilai lebih Karl Marx.

Teori Nilai Lebih Karl Marx berdiri di atas argumen, bahwa Upah Pekerja
ditentukan berdasarkan berapa Jam mereka bekerja per hari.

Misal, mereka bekerja selama 8 Jam perhari, dan mengeluarkan energi 3
piring makanan empat sehat lima sempurna. Bila mereka mendapat upah perhari
tidak cukup untuk membeli 3 piring makanan empat sehat lima sempurna pula,
maka mereka rugi. Itu berarti mereka ditipu, diperbudak.

Bila upahnya cukup untuk membeli 3 piring, mereka tetap rugi. Sebab waktu
mereka habis percuma.

Bila upahnya lebih dari cukup, maka barulah mereka dikatakan untung secara
materiil.

Nah, kenyataannya, buruh sering dibayar rendah sekali sehingga tidak cukup
untuk mengembalikan energi yang mereka keluarkan. Kapitalis sering baik
sengaja atau tidak, menipu kaum buruh.

Misal, mereka bekerja menghabiskan energi selama 8 jam perhari, tapi diberi
upah hanya cukup untuk energi selama 6 jam. Jadi energi yang 2 jam tidak
dibayar. Yang 2 Jam ini lah yang kita sebut Surplus, alias nilai lebih.

Bila dari satu orang buruh, kapitalis mencuri yang 2 jam itu, maka
bagaimana jika di pabriknya ada 10.000 orang buruh? Bukankah ia telah
mencuri 20000 jam? Bila diuangkan, berapa duit tuh? Berapa piring empat
sehat lima sempurna tuh?Itu dari satu pabrik. Bagaimana bila di suatu
negeri, ada ribuan pabrik? ada berapa Juta Buruh? ada berapa milyar jam
kerja yang dicuri? ada berapa trilyun duit?

Dari trilyunan duit buruh yang dicuri Bos-nya itu, dicuri secara halus,
maka pemerintah mengambil 10% pajak pertambahan nilai alias PPN. Dari pajak
itulah pemerintah membayar pegawai negerinya, mendirikan pembangunan sarana
dan prasarana fasilitas umum, dan memang dari 10% itulah sebagian besar
penghasilan negara berasal.Dari duit pegawai itu lah warung-warung makan
mendapat penghasilan. Termasuk restoran, toko-toko pakaian, pom bensin,
penginapan-penginapan, hotel-hotel, demikian juga berbagai usaha menengah
lainnya. Ekonomi berputar.

Singkat kata, suatu negara hidup dari pencurian Bos-Bos tidak tahu malu
itu. Masyarakat hidup dari pencurian-pencurian tersebut. Namun sebagian
besar masyarakat tidak mengetahuinya.

Mudah mudahan penjelasan singlat ini bisa menambah refeerensi dan memerkaya
khazanah ilmu pengetahuan.

salam

hendra f

email:sarekatdag...@gmail.com