From: Herry SW <mi...@hsw9900.com>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Sat, 18 Jan 2014 08:20:59
To: <id-android@googlegroups.com>
Subject: [id-android] WTI: Ponsel Oppo Buatan Cina; Ini Buktinya...

Naskah ini juga bisa dibaca di <http://goo.gl/nYSTRr>http://goo.gl/nYSTRr.

Tautan di atas boleh Anda copy paste dan informasikan kepada orang lain.

Tanpa konfirmasi dan izin tertulis, dilarang memakai naskah review ala HSW
untuk materi promosi atau bahan penunjang berjualan.

Oppo adalah merek ponsel yang berasal dari Tiongkok alias Cina. Mungkin
khawatir dipersepsikan negatif, apalagi dianggap setara dengan merek lokal
buatan Tiongkok seperti Evercoss dan Mito, tak sedikit promotor Oppo yang
berkelit. Kepada calon konsumen mereka menyatakan Oppo buatan Amerika, Italia,
Belgia, Denmark, atau Korea.
Itulah salah satu dampak stereotipe masyarakat Indonesia terhadap produk buatan
Tiongkok. Produk made in China selalu dianggap buruk. Padahal, kenyataannya
belum tentu demikian.
Tulisan setengah halaman karya wartawan Kompas yang mengunjungi pabrik Oppo
membuktikan bahwa ponsel Oppo dibuat di Tiongkok.
<http://ponselmu.com/wordpress/wp-content/uploads/2014/01/Oppo-Kompas-2.jpg>

Silakan klik http://goo.gl/GcYfwk untuk melihat versi komplet tulisan tersebut
dalam ukuran yang jauh lebih besar. Anda bakal mendapatkan gambaran nyata bila
produk Tiongkok ada yang digarap dengan sangat serius.
<http://ponselmu.com/wordpress/wp-content/uploads/2014/01/Oppo-Kompas-11.jpg>
Kalau dulu saya pernah mengunjungi pabrik Nokia di Finlandia dan pabrik LG di
Korsel, semoga suatu saat saya bisa melihat langsung proses pembuatan ponsel
Oppo di Tiongkok.

Salam,

Herry SW