Pak Rudy Tjandra,

Maaf, koreksi sedikit. Oppo N1 bukan ponsel pertama dengan kamera putar.

Sebelas tahun silam, Samsung telah menghadirkan SGH-P400 dan SGH-V200
yang dibekali kamera putar. Resolusinya memang cuma CIF 352 x 288 piksel,
tetapi kameranya benar-benar bisa diputar ke atas bawah.

Dua tahun kemudian, pada 27 April 2005, Nokia memperkenalkan N90 yang
bersistem operasi Symbian dan dilengkapi kamera putar berlensa Carl
Zeiss. Kebetulan saat itu saya diundang menghadiri peluncuran yang
digelar bersamaan di empat negara: Belanda, Malaysia, Meksiko, dan Hong
Kong. Pasca-N90 Nokia masih menghadirkan berbagai tipe ponsel berkamera
putar lagi. Misalnya, N92, N93, N93i, 3250, dan 5700 XpressMusic.

Jadi, mestinya yang paling tepat adalah kalau Oppo mengklaim N1 sebagai
ponsel Android berkamera putar pertama.

Terima kasih.

Salam,

Herry SW