Setuju Om.. setau saya ga ada yang namanya produk lokal, andaikan ada paling
partsnya sebagian kecil lokal. Polytron pun Re branding koq. Sama halnya
smartfren, evercoss, mito dll.

Kalau feature phone saya mungkin percaya itu bisa dibuat disini.

Wong sekelas samsung aja yang modalnya gede minta ampun, mau bikin pabrik
sulit, gimana yang lokal. Bukan masalah dana, tapi ijin n ini itunya lho..
xiaomi mau masuk doang aja sulit sampe masuk detik.

Kayanya memang opini pribadi sih, hp merek lokal agak sulit bersaing karena ya
itu, gengsi dan brand minded. Ga semua produknya jelek dan ecek2 koq.

Saya punya toko di kemayoran, rata2 tukang disana pakainya samsung, bb.

 Nah hp kedua mereka feature phone merk lokal, karena memang merk lokal yang
banyak dual sim gsm gsm.

Regards,

Allfreed