baru aja tuker kartu LTE - nya XL.

liat antrian yang memanjang di XL centre bogor, mirip lah kaya antrian di
wisma alia (tsel).

secara peminat, kayaknya luar biasa ya...
Meskipun, secara fungsi kayaknya basa-basi aja.

kenapa?
area sebaran yg sempit, bikin ribet.
apalagi secara teknologi, baru buat data.
jadi *kurang* layak kalo jaringan ponsel di set ke LTE only.
karena kalo voice, tetep bakal dilewatin jalur 3G/2G.
jadi, kl di set LTE only, gak bakal bs buat nelpon/sms.
tapi, pikirannya... siapa yg butuh sms? 🙈🙈🙈

harga paket data, khusus 4G, ya gak terlalu mahal.
telkomsel ikut paket data sebelumnya, indosat juga. XL doang yg baru
nerapin paket khusus dengan tarif khusus (99rb, 4GB jaringan 2G/3G+4GB
jaringan 4G).

speed? melihat sebaran yg baru di kota besar (Bogor termasuk kota besar
rupanya 👍), anggapan saya ya masih nanggung (lihat screenshot).
gak kenceng banget.
asli, 3G udah cukup buat browsing dan socmed dengan nyaman.
kecuali mau niat donlot file gede 🙈🙈, update OS, update aplikasi.

jadi, LTE penting? namanya perkembangan teknologi, jelas penting.
perlu? perlu lah, tapi ya

--
| ig/twit:@h4nafi | japri: ya[at]terserah.de | Sent from galaxy alpha
[4.4.4] |