ya  itu salah satunya .. tapi pada dasarnya semua program enkripsi bisa
membantu ..

masalah utama dari end-to-end encryption adalah key distribution ..

contoh gampang .. kalau saya mau kirim email ter-enkripsi yang aman ke
millist ini, maka saya perlu memastikan semua member dari millist ini punya
kunci untuk membukanya .. itupun gak aman, karena berarti 1 kunci dipakai
untuk banyak orang ..

kalau sekedar mau kirim pesan rahasia ke istri atau pacar itu gampang,
karena tinggal janjian mau pakai applikasi enkripsi apa dan kunci-nya apa ..

mau lebih aman lagi ? janjian pakai kunci yang selalu berubah setiap kali
kirim pesan - pernah nonton film, dia janjian pakai buku buat menentukan
kunci-nya .. jadi setiap kali kirim pesan, pakai kata berikut-nya dari buku
tersebut ..