> contoh gampang .. kalau saya mau kirim email ter-enkripsi yang aman ke
> millist ini, maka saya perlu memastikan semua member dari millist ini punya
> kunci untuk membukanya .. itupun gak aman, karena berarti 1 kunci dipakai
> untuk banyak orang ..

kalau pada dasarnya mau kirim mail untuk dibaca di milis publik untuk
dibaca secara publik, melakukan enkripsi ya kurang masuk akal.

yang masuk akal adalah:
- melakukan digital signing, sehingga mail yang terkirim bisa dijamin
isinya tidak berubah dan benar-benar berasal dari sang pengirim.
- melakukan ujicoba enkripsi, ini sejak jaman pakai bluewave dengan plugin
PGP melakukan hal ini sangat mudah. tinggal enkripsi menggunakan public key
dari tiap orang yang dituju, misalnya 50 orang yang boleh baca, selain itu
tidak boleh, maka saya tinggal melakukan enkripsi dengan 50 publik key
milik masing2 target, dan hanya 50 orang pemilik private key pair dari
public key tersebut yang bisa membacanya.

inilah kelebihan enkripsi dengan key pair (public & private key), karena 50
orang tersebut tidak perlu sharing 1 key untuk membaca pesan terenkripsi
tersebut.

problematika enkripsi dengan key pair ini adalah belum adanya PKI, public
key infrastructure di indonesia yang bisa dipercaya untuk dipergunakan,
jadi cara mengirimkan public key adalah dengan mengirimkannya langsung ke
tujuan, yang tentu saja langkah ini sudah disusupi sehingga di tengah jalan
public key-nya diubah sehingga menjadi milik orang lain misalnya.

--
http://ryosaeba.wordpress.com ~ things left unsaid