pendapat saya (tolong benerin kalau salah)
perhitungan tkdn berdasarkan 2 hal
1. tkdn barang
2. tkdn jasa

misalnya hp rakitan

tkdn barang = 0%
kenapa 0% karena semuanya import

tkdn jasa = 5% ( contoh nilai )

berarti tkdan untuk hp tersebut cuma 5%

semakin banyak barang yang buatan indonesia dan bahan baku lokal, semakin
bertambah nilai tkdn nya

kita anggap casing buatan pabrik perakit,
di produksi oleh pabrik perakit hp dan bahan baku di import langsung oleh
pabrik tersebut (tkdn barang 0% jasa xx%)

tolong di benerin kalau ada yang salah

*RegardMuh. FitrahSent From Gmail web*