Sekedar berbagi pengalaman.

Saya punya pengalaman kecelakaan dan patah tulang 2x, di 2008 dan 2011.
2008 patah di telapak kaki,2011 patah di tulang kering/tibia 1/3 bawah, atas
tumit dan retak tempurung kaki/patella. karena basic saya medis, saya sadar hal
seperti ini membutuhkan operasi saya memilih alternatif "sangkal putung", entah
ada yang percaya atau tidak karena hampir tidak logis di era teknologi sekarang.

2008, Tempatnya di pelosok desa bunul di singosari-malang, kaki saya hanya
dibasuh minyak (sepertinya minyak kelapa, tapi ada ramuan yg di rendam
didalamnya) , itu yg ngasih orangnya tua banget dan sepertinya matanya juga
sudah kurang jelas  sampai mbasuh minyak aja tumpah karena tangannya gemetaran,
dibasuh pake bulu ayam dan daun pandan dicelupkan ke minyak dari lutut sampai
ujung jari kaki, syaratnya 3hari gak boleh kena air, 3hr bengkak mengempis dan
sudah bisa menapakkan kaki, hari ke empat sudah bisa berendam di kolam air
panas cangar-batu, seminggu sudah jalan hampir normal. Fix sembuh tanpa nyeri
kira2 3minggu.

2011 di talun-blitar, disana hanya reposisi dan dibasuh minyak tanpa dikasih
obat, saya konsumsi kalk (saya lupa merknya, tanya di apotik yg paling bagus)
dan binahong (minum dan dibuat balut).
3hari pertama masih konsumsi analgesic, seminggu bisa pake kruk sampai 10 hari,
Hari ke 11 saya paksa jalan , gak lebih sebulan sudah bisa beraktifitas normal.

Om saya kecelakaan tahun 2009 kebetulan saya yang antar ke UGD RSSA Malang,
open fracture komunitif grade II  (fraktur dengan tulang pecah menjadi beberapa
fragmen) tulang kering patah hingga keluar , fraktur tibia dan fibula 1/3atas
dan 1/3bawah. Karena umur 54 tahun , sudah tidak memungkinkan dipasang pen,
pertumbuhan tulang sangat lambat/hampir berhenti, saya mintakan operasi
reposisi, setelah 3hari keluar RS lanjut ke "sangkal putung" daerah lekok
pasuruan, disana buka gips dikasih minyak dan ramuan. Tiap minggu konsul, 2
bulan bisa jalan, 3bulan fix nyambung seperti normalnya.
Oiya obatnya seperti ini , pilih mana yang bisa diusahakan. Terbukti buat saya
dan om saya, kebetulan saya sendiri yang merawat.  setidaknya pakai as suplemen.
- daun binahong baik di seduh atau di tempel .
- kalk powder organik komplit dengan vit dan mineral (di apotik)
- makan singkong (banyak mengandung kalsium dan fosfor), ubi ungu/telo ungu
(vit a dan antioksidan 8-10x lebih baik dari wortel), dan sumsum sapi.
- tulang ikan sotong / cumi (toko obat cina/pasar tradisional)dan teripang
- kurangi garam dan gula
- ikan kuthuk baiknya dikukus diminum airnya juga. Ikan laut juga bagus. Apotik
juga jual sari kuthuk.
- tanaman sambung nyowo , cakar ayam dan patah tulang.
- minyak kelapa asli/virgin coconut oil untuk campuran binahong sebagai obat
oles.