@Mas Eko, teorinya itu layak dicoba, berarti perintahnya dikirim via
adb/fastboot saat HH dlm recovery mode yah. Karena dalam posisi HH normal
ada beberapa akses spt ke folder /system/bin dan /system/xbin yang diblok.

Kalo ada yang punya link/resource yang bisa dibaca terkait prinsip dasar
rooting & unlock bootloader, mau dong. Kayaknya harus belajar ilmunya dulu
nih.

@Mas Zaki IP-nya beda, dan setau saya ES Explorer bisa dihubungkan ke cloud
yah, jadi ada reasonable reason untuk koneksi tersebut, walau mungkin tetap
harus diklarifikasi lagi sih datanya.

Tapi kalo memang dirasa meragukan diblok aja via afw.

Regards
Galesh