hello om Yora,

kita bersyukur juga ada group semacam ini, jadi kita bisa saling
berbagi informasi.
nah apakah sebuah informasi itu hanya cukup diketahui tanpa ada aksi,
ya itu berpulang pada pribadi masing2.

sebenarnya kemajuan teknologi untuk tunanetra itu sudah dari era
delapan puluhan.
namun memang kala itu tidaklah secanggih sekarang.
waktu saya masih sekolah dulu, tahun 1996, saya sudah gunakan komputer
dengan bantuan screen reader, bahkan ada peta berbicara, kompas
bicara, jam bicara dll.
juga ada yang namanya layar braille.
sayang kala itu belum ada smartphone.
handphone yang kala itu besar-besar, gak bisa dipasang screen reader.
boro-boro pasang screen reader, sudah berfungsi sebagai telepon dan
penerima pesan saja sudah syukur. :)