halo om Renner,

yup, untuk pengguna tunanetra yang ingin membeli hp baru, tentunya
memang harus meminta bantuan si penjual agar bisa membantu
mengaktifkan fitur talkback (kalau gunakan smartphone dgn platform
android).
untuk langkah2nya, sudah ada pada video yang saya share pada rangkaian
thret ini sebelumnya om.
coba ditonton aja dulu.

untuk itulah, kemarin saya menyampaikan keluhan pada gathering
smartfren, tentang pelayanan customer service yang tidak ramah. kala
itu kawan saya (tunanetra) datang ke galeri smartfren di ambasador. ia
datang dengan temannya yang melihat, untuk menemani. namun setelah
sampai di meja customer, malah yang ditanya-tanya, temannya yang
melihat, padahal yang mau beli adalah teman saya.
setelah sekian lama si-cs tetap begitu, akhirnya teman saya kesal, dan
bilang "yang beli gue choi, bukan dia."
lalu dia keluarkan kartu kreditnya untuk membayar, namun baru satu
kali tempel di EDC, dan kebetulan mungkin kurang pas sehingga
transaksi gak bisa, si-cs sudah cepat2 bilang "wah, gak bisa bayar
pakai ini."
akhirnya teman saya pakai uang tunai deh.
dalam perjalanan, temannya teman saya bilang, "gue heran, padahal
mesin EDC ada 3, ini baru coba satu kali di mesin pertama kok udah
bilang gagal."
dari cerita itu, kita bisa simpulkan, bahwa si-cs meremehkan si
tunanetra. entah ia berfikir bahwa "mana mungkin tunanetra bisa pakai
hp beginian?" atau lebih parahnya lagi, "bisa bayar gak nih si
tunanetra."

semoga keluhan yang saya sampaikan kemarin cepat ditanggapi dan ada
perbaikan dipihak smartfren. suka gak suka, ada 3 juta tunanetra di
Indonesia lo om.
ini adalah pasar yang cukup banyak saya fikir.
karena bahkan profesi seseorang yang paling rendah pun, sekarang punya
smartphone.
setuju gak?

untuk soal rom yang saya suka, hmm, kalau saya berfikir, bukan dari
sisi rom-nya sih.
yang sering jadi masalah adalah sisi user interfacenya.
ketika user interface dari device tsb tidak mengimplementasikan
aksesibilitas, maka walau ada screen reader pun, tetap tidak membantu.
contohnya, ada beberapa type xiaomi yang tidak bisa diakses oleh
tunanetra, karena talkback tidak bisa membacakan item2 menu di layar.
ini biasanya, terjadi pada hp2 china.
oleh sebab itu, sebenarnya saya ingin selalu membuat review tentang
apakah hp itu akses untuk tunanetra atau tidak.
hanya saja, belum tau bagaimana mengajukan permohonan review tsb om.
mungkin om renner tahu prosedurnya?
hanya saya pinjam untuk di-review deh, misalnya review andromax q, xiaomi dll.
sebab kalau harus saya beli dulu tiap perangkat, wah, harus punya
banyak uang ya. :)