gadtor...@yahoogroups.com>:

> Kalo diibaratkan dgn mindset saya. Pengen beli mercy tp memilih sedan lets
> say yaris dimodif menyerupai mercy. Yah only casing looks like mercy but
> the driving sensation etc r so far far away wkwkwkwk...
>
> Hal2 n point crucial yang saya lihat disini adalah: iOS melangkah maju, tp
> kok andro malah stuck di tempat. N malah dibalap oleh iOS yang membuat yang
> lain jadi kelihatan mundur.
>
> saya sempat menulis panjang lebar pengalaman saya di facebook soal
kehilangan iphone 6+, lalu terpaksa beralih ke android (sony xperia Z3
compact + moto x 2014).

intinya sih, bergantung pada filosofi desain dari vendor. yang beli ayla
bisa saja berargumen kendaraan itu buat bawa dari point A to B, tapi yang
beli mercy bisa juga berargumen kenyamanan dari A to B merupakan faktor
utama bagi mereka.

sony di seri xperia z3 compact fokus di penghematan batere dengan stamina
mode.

moto x 2014 fokus di touchless control sama gesture, ditambah kenyamanan
handset digenggam. no contest dibandingkan dengan iphone 6+. z3 compact
masih nyaman karena memang kecil barangnya.

tapi yang benar-benar membuat saya kehilangan iOS adalah masalah
kenyamanan.

baik z3 maupun moto x 2014 setelah upgrade ke lollipop, tiap kali sehabis
reboot, sebagian atas layar sama sekali gak respon dengan sentuhan selama
beberapa saat (sekitar 1-2 menit). jadi blas gak bisa swipe bawah di area
notifikasi.

head unit mobil saya tadinya otomatis konek bluetooth ke iphone, ditambah
tancap USB buat sekalian charging + jadi storage media sehingga head unit
bisa memainkan koleksi lagu yang ada. buat navigasi saya jalankan waze,
tiap kali ada telpon masuk head unit otomatis switch ke mode percakapan,
selesai telpon balik lagi nyetel lagu + volume musik otomatis merendah tiap
kali ada panduan suara dari waze.

di z3 maupun moto x, hal di atas tidak bisa berjalan dengan smooth. tiap
kali ada panduan  navigasi ataupun telpon masuk, musik berhenti. kadang
bisa dipaksa main lagi, kadang stuck sampai mobil harus dimatikan dulu lalu
dinyalakan kembali. simply can't match experience iOS.

tentu saja solusinya akhirnya saya beli ipad buat menghadirkan experience
tadi, minus bisa menerima percakapan telpon yang ditangani oleh Z3 yang
konek ke bluetooth head unit.

tentu saja argumen utama pengguna android ataupun linux adalah masalah
kebebasan. saya lihat user linux bersemangat bilang OS mac cuma cakep
tampilan doang, tapi gak bisa dipakai seperti kebiasaan mereka saat pakai
desktop linux, bikin pusing kepala katanya. mereka juga mengagung-agungkan
gnome-do, seolah itu eksklusif hanya ada di linux. user linux yang ngomong
seperti ini tipikal militan dan jarang pakai OS lain.

saya yang pakai 3 OS sekaligus (windows, linux dan mac) sudah tahu dari
jaman ibook app silverlight, yaitu app yang ditiru oleh gnome-do. user mac
jaman sekarang pun biasa pakai spotlight, lightning fast. saya pakai
desktop linux yang comparable dengan macboor air (i5, 8GB RAM, SSD/mSATA),
dan saya mengalami sendiri file explorer di linux itu sluggish jika
dibandingkan dengan finder di mac. lalu dengan adanya berbagai window
manager (ingat soal kebebasan di android/linux?), yang namanya konsistensi
UX di linux merupakan hal asing. karena tidak adanya keseragaman filosofi
desain interface di linux, linus torvalds, pencipta linux, pernah memaki
mengapa menambah printer di desktop user harus dengan root permission?

dulu saya sempat sebal dengan keputusan google untuk mengubah mode koneksi
USB ke MTP, karena app android transfer jaman dulu bentrok dengan driver
usb ethernet di mac saya. praktis tidak bisa transfer file lewat USB, tapi
tampaknya problem itu sudah tidak ada lagi sekarang. android itu sudah
terlalu windows centric, contohnya ya soal MTP tadi, native di windows tapi
harus pakai tambahan app lagi di mac.

--
http://ryosaeba.wordpress.com ~ things left unsaid

Menangkan Xiaomi Yi Action Camera dari Forum ICITY.
Ikuti #GayaMerdekaGue di >> http://bit.ly/ICITYGayaMerdekaGue