Dulu saya pernah bekerja di salah satu perusahaan pengiriman barang dari
US, dan memang ada SOP untuk pengiriman barang & kondisi rumah kosong.

Singkatnya jika nomor di tujuan tidak dapat dihubungi maka kurir harus
membawa pulang paketnya ke gudang kembali dengan diberikan remark "rumah
kosong" baru hari berikutnya CS akan menghubungi customer (consignee) untuk
proses pengiriman selanjutnya. Penitipan barang kiriman ke tetangga hanya
setelah ada konfirmasi dari customernya & bukan langsung diberikan begitu
saja. Dengan kejadian ini kurir bisa kena SP 2 minimal tergantung dari
kerugian yang diderita akibat komplain customer.

Jika dilihat dari sisi penerima, kalau saya menerima paket yang merasa
bukan pesanan saya maka akan saya tolak & kembalikan karena kita tidak tahu
apakah isi barang tersebut andaikan isi paket tersebut adalah
narkoba/barang berbahaya lainnha & langsung dibuka karena kepo maka
urusannya bisa panjang dengan aparat terkait (jebakan).

Untuk case Om Hilmy lanjutkan & laporkan saja dengan kronologi jika perlu,
perusahaan internasional seperti DHL pasti akan sangat concern dengan
reputasinya, siapa tahu nanti diberi kompensasi pengganti kerusakan paket.

Sent from Padfone S