Jarak wheelbase ini yg sekarang rada2 rancu pemahamannya.. cmiiw, dulu
kelas truk itu berdasar jumlah as roda. Kalau trailer ada yg as roda
"kepala" truk nya 2, ada yg as rodanya 3, belum termasuk as roda
gandengannya.

Nah sekarang banyak muncul truk baru yg non trailer, tapi panjang sasisnya
bisa lebih dari 5 meter. Saya kurang tau itu masuk kelas berapa, tapi
harusnya masuk kelas truk minimal 3 atau 4 karena kapasitas angkutnya mirip
truk trailer, cuman as rodanya sedikit.

Salam
Ari Fahrizal