waktu saya ke mall pelayanan publik, e-ktp saya sempat ditap untuk
verifikasi data waktu mau perpanjangan sim. cuma nggak kebaca datanya, cuma
bunyi beep. asumsi saya itu chip nya mungkin rusak karena sudah termakan
usia, atau mungkin juga karena pengaruh diluar itu.. intinya, gimana bisa
membuat e-ktp itu jadi hal penting, barangnya saja bisa rusak... hehehe