Ada pilihan sleep atau hibernate oom. Kalau sleep, dia otomatis matikan
layar saat di tutup, bikin standby harddisk dan menidurkan mesin, tapi
masih ada sedikit power yang digunakan untuk menyimpan data di RAM. Tanda
nya di tombol power akan ada blink dengan jeda bbrp detik. Jadi kalau layar
kita buka, secara otomatis laptop akan menyala kembali ke posisi terakhir
saat kita menutup layarnya. Hampir tidak ada jeda. Tapi batere akan terus
berkurang sedikit demi sedikit sampai kira-kira 5-6 hari kalau dalam posisi
sleep begini. Paling cocok pilihan ini kalau masih pakai harddisk, karena
waktu menyalakan yang lebih cepat daripada hibernate. Kalau pilih
hibernate, butuh waktu beberapa menit sampai laptop kembali siap digunakan.
Asal laptop jangan langsung dibawa2 atau tergoncang ya, krn posisi harddisk
masih on beberapa menit setelah layar ditutup .

Kalau pilih hibernate, seluruh bagian laptop akan mati, dan posisi layar
serta program terakhir yang kita gunakan akan disimpan di harddisk. Dan
butuh tombol power buat menyalakan kembali laptop. Ini pilihan yang lebih
baik kalau pakai SSD, karena waktu booting dan pembacaan  SSD yang jauh
lebih cepat, hanya bbrp detik setelah tombol power ditekan, posisi layar
dan program terakhir yang kita gunakan akan kembali aktif/ di restore dari
SSD. Yang paling terasa kalau pakai hibernate adalah daya tahan batere,
tidak akan berkurang karena power nya memang mati total, bukan always on
seperti pilihan pertama/sleep.

Kalau saya, karena laptop sudah upgrade jadi ssd, selalu menggunakan
pilihan pertama (sleep) saat pekerjaan belum selesai. Jadi tinggal tutup
layar, otomatis sleep. Lalu melakukan pilihan kedua (hibernate) kalau
pekerjaan sudah selesai atau mau pulang kantor.

Begitu kira-kira, cmiiw ya

Ronny