Maaf Mas Ronny,
Masalahnya ada yang keliwat! eh sebelumnya untuk semua Linuxers yang muslim daku
ucapkan ...
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Daku Mohon Maaf Lahir dan Bathin la yauw!

kembali ke masalah ....
sebenernya di /etc/mime.types sudah ada baris 'text/html            html htm' dan
saat dijalankan file ekstensi .htm di direktori asal (/home/httpd/html) 'it worked'
juga, tapi saat saya pindahkan ke direktori lain yakni '/home/www/web', -  ini
sebenernya untuk memudahkan dalam pemeliharaannya - kok si .htm ini nggak jalan.

Di file srm.conf + access.conf sudah saya belokkan setingnya dari :
'/home/httpd/html' ke '/home/www/web'
untuk cgi : '/home/httpd/cgi' ke '/home/www/cgi'
untuk icons : '/home/httpd/icons' ke '/home/www/icons'

Mungkin Mas Ronny bisa ngasih prosedur yang benar untuk seting di conf-nya.
TKS.