>Beda diberatnya, yang ini lebih berat dan juga mahal, sambungannya sama ke
>telepon.. sorry becanda... memang agak sulit kok mas..

Saya sudah pernah nyoba Hayes dan USR 56K, lancar-lancar saja.
Barusan saya juga udah nyoba install baru Linux 2.0.34 (Slackware 3.5),
dan mencoba koneksi PPP ke ISP, sukses. Di Slackware 3.5 ini malah
lebih mudah nyettingnya. Ada script untuk konfigurasi-nya.

>Kata orang sejenis modem ISDN gitu.. sepertinya sudah mulai ada titik
terang
>nih.. ya ditambah sedikit AT scriptnya dan juga dibantu dengan setting dari
>panel, sudah mau connect cuma belum bisa capture IP.. berarti sebentar lagi
>bisa... hore...

???  Loch... Kalo Modem ISDN kan lain lagi nyettingnya ?
Oh iya, tahu harganya modem ISDN nggak ?
Lagi ada yang nyari soalnya.

>Betul sekali mas... dan setelah cape' nerangin ke orang ISP, trus dibilang
>kami cuma bisa ngusahain yang seperti ini.. lha yang punya jaringan kan
>mereka, dia nggak mau pakai yang lain.. yang paling kami support Cisco..
>karena sudah biasa jadi gampang, dia nggak pikir kantong orang yang susah..

Biasa deh. ISP sekarang emang sedikit yang profesional.
Hardwarenya canggih, tapi nggak menguasai. Repot.
Ya kalo perlu kita yang ngajarin mereka aja... :)
Itu maksudnya mereka bisa ngusahain yang ini itu maksudnya kabelnya atau
gimana ?  Kalo kabel, bisa lihat di bukunya Cisco Router. Itu ada definisi
pin-pin dari DB-25 dan DB-60. Ntar bisa bikin sendiri kabelnya. Paling
nggak lebih murah dari pada beli router baru. Kalo mengenai protokol,
PPP kan udah umum ?  Kalo mereka pake Cisco yang termasuk baru
(generasi 2500 ke atas), mestinya bisa.

Adrian