On Tue, 17 Nov 1998, adi wrote:

> Pernah denger2 pendapat tentang Mac dengan GUInya,gimana dia amat mudah
> digunakan...dulu memang di dunia pc belum mengenalnya.....jadi kayaknya
> opininya kenapa make CLI kalau ada GUI....
> Maaf tapi saya emang senengnya liat2 dan ngerasain GUI..

Ada perbedaan, senang dengan GUI atau senang bekerja dengan GUI he..he.h
sebab sepertinya banyak dari kita..membuka Windows dan menjadikan seperti
terminal (eperti saya...he.he.), karena lebih senang dengan GUI (karena
multiple Windows, dan belum bisa bekerja dengan GUI

> Tapi rasanya memang bagi saya pribadi GUI memberikan kita orientasi terhadap
> apa yang sedang ada di hadapan kita......mungkin saya memang kemakan mitos
> seperti yang dibilang Om Made...soalnya latar belakang saya memang enggak
> pernah ngalamin masa2 DOS dulu,begitu make PC langsung ke Win.Tapi toh saya
> nekat pake Linux juga...:)

Sebetulnya itu bergantung dari kita memandandang "transparansi", seorang
arsitek ketika di hapadan komputer memiliki konsep "transparansi" yang
berbeda dengan seorang "hacker".  Pada pengguna seperti arsitek
transparansi diharapkan pada transparansi fungsi dari metaphora yang
digunakan.  Sedang bagi seoarng hacker transparansi diharapkan "tembus
pandang" terlihat mekanisme kerja.

Terkadang "transparansi metaphora" ini memberikan manfaat juga, karena
akan menurunkan "beban cognitive" dari pengguna. (misal ngak usah
ngingetin, berapa optionnya cp..bla..bla), tapi cukup click, drag udah di
copy... nah tetapi kalau GUI itu tidak memenuhi persyaratan ,konsitensi
dan predictable, malah menjadi menambah beban cognitive (misal..ini gambar
apa ya, maksudnya apa...oh.. ternyata maksudnya copy).

> Bagi saya komputer harusnya memang bisa dipakai semua orang....enggak perlu
> seorang yang ahli....

Kembali ke these ini, artinya..lebih memberikan kemungkinan LINUX untuk
berkembang, karena "memberikan beragam GUI dan approach (he.h.e kalau udah
dibuild orang terkadang nggak tahu bahwa yang jalan adalah LINUX) sepeti
salah satu produk pengatur pompa bensin...he.h.h atau pengatur lift yang
dibuat FUJITSU (?)

> Baca2 di posting ini ada yang pernah nyoba NeXT ya....gimana tuh
> rasanya...pengen juga tapi belinya di mana ya?Ada yang punya....

NeXT baik di eranya...

IMW

I Made Wiryana (0521-106 5328)            Universitas Gunadarma - Indonesia
Rechnernetze und Verteilte Systeme  http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/made
Universitaet Bielelfeld                                   Check my e-zine :
[EMAIL PROTECTED]    http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/majalah