--- In id-ruby@yahoogroups.com, Ronny Gunawan wrote:

> Sebenarnya saya tertarik klo ada buku yang ngajarin gimana design dan coding
> sebuah
website yang effective pake ruby on rails dan kalau bisa yang ada tips and
triknya juga
buat method yang unusual =p

jawabannya adalah sudah terjawab *banget* di buku rails way itu :-)

> tapi klo ngga salah yang rails way itu ada yang judulnya design pattern itu
> isinya
tentang apa ya ? soalnya klo ngga salah ada beberapa versi rails way, iya bukan
? tolong
dikoreksi klo salah =D

salah, rails way ya satu biji si obie fernandez itu, bukunya setebal 4 jari
saya ini :-) nah
kalo design pattern in ruby pasti seneng banget dibaca buat yang dulu sewaktu
baca buku
design pattern by Gang of Four tapi pingin pakai Ruby ketimbang Smalltalk
maupun C++.
Buku Design Pattern in Ruby tulisan russ olsen tipis aja kok cuma satu setengah
jari saya
:-) trus juga pattern pattern didalamnya banyak dipotong (nggak segemuk di buku
aslinya
GoF) ditambah 3 pattern khas nya ruby, DSL, MetaProgramming sama satu lagi yang
berbau tengik rails tuh CoC -_-

udah, beli aja satu dulu tapi yang penting betulan dibaca, jangan beli
banyak-banyak, tapi
tidur (soalnya kalo yg kayak gini = saya =)) soalnya dibelikan sih kalo dikasih
ya nggak
nolak dong)

> oh ya satu lagi yang mau ditanya, dari pengalaman kakak2 semua web hosting
> apa yang
bagus buat ruby on rails ? saya search dari internet ada yang bilang hostgator
bagus
servicenya, tapi setelah cari tau lagi si hostgator ini ngga insttal fcgi buat
ruby on railsnya
jadi lambat gitu. katanya sih gitu, bener ngga yah ?

dengar2 yang murah meriah itu site5 yah / kalo saya sih tetap saranin pake
EngineYard
aja, walau saya sendiri nggak pake EY :-P pakenya VPS slicehost.

Kalo alergi ma cgi cgi-an (dalemannya fcgi juga narik narik cgi) dah pake merb
aja dah =))

arie
http://ariekusumaatmaja.wordpress.com
http://www.ruby-lang.org/id/about