Pak Toto,

Januari lalu saya dan teman2 berpergian ke Bali dan Lombok naik mobil, lalu kedua kalinya pergi dengan keluarga tanpa mobil.

Surely, it was exhausting.

Okay…pertama, jetfoil sudah tidak ada lagi. Dulu bisa naek jetfoil dari daerah Nusa Dua. Sekarang karena sudah tidak ada lagi...jadi anda harus naek feri yang jarak tempuhnya minimal 5 jam --yup...minimal. Karena waktu itu saya hampir 7 jam di kapal karena gak bisa docking. Kalo gak salah karena waktu itu ada yang nyangkut di docknya—kalo Pak Toto bawa anak kecil...saya tidak menyarankan untuk naek feri. Karena menurut pengamatan saya waktu itu....hanya ada satu feri yang bagus. Tapi, kembali lagi...definisi bagus ato tidak termasuk relatif untuk setiap orang.

Andaikan tidak bawa mobil, hehehehe....rada susah dan rada ngeri nyari transpor di situ. Waktu itu saya nginep di Holiday-Inn. Waktu dengan keluarga, dari Denpasar kami diantar dengan menggunakan mobil kantor sampai ke Padang Bai. Lalu naek feri yang memakan waktu sampai sekitar 6 jam. Lalu setibanya di Lembar....kami masi harus mencari transpor untuk ke Senggigi. Memang banyak tawaran penduduk lokal yang menawarkan jasa angkutan umum. Tapi gak bisa dibilang murah. Sekitar 200ribu sampai di Senggigi. Nah yang saya sedikit tidak setuju adalah....pada saat tawar menawar....(which is sangat ketat dan tegang..heheheheheh)....kesepakatan di Pelabuhan Lembar adalah 200 ribu sampai hotel Holiday Inn. Setibanya di sana, sang supir tiba2 menagih 300 ribu. Untungnya kita di depan hotel...jadi dia gak berani maksa lebih jauh. Maksanya bener2 maksa pula....heheheheheh......gitu deh.

Semoga liburannya menyenangkan ya, pak.

Raphael Dandy Widiarko

E: [EMAIL PROTECTED]