Tahu Goreng!!!!!!!

Kemarin malam aku bermimpi. Mimpi ini sangat menyeramkan. Aku
menjadi sepotong tahu. Bayangkan sahabat, sepotong tahu, hidup dan
bisa bicara. Dan aku berada di antara tumpukan tahu lainnya yang
juga sama bisa bicara dan hidup pula.

Lalu ada seorang raksasa guddhe dan jelek yang berkata ke kita semua
bahwa dia akan menggoreng kita semua kalau kita tidak tahu asalnya
kita sebelum jadi tahu itu apa, dan kita hanya boleh menanyakan satu
hal saja sebelum di terjunkan ke kolam minyak goreng yang mendidih di
sudut dapur sana.

Wah repot ini, semua jadi panik dan bingung, maklum dong, emang tahu
itu ada otaknya, di mana letaknya, nah loh, bingung dan riuh lah
semua. Ada yang mencoba berlari, wow gi mana bisa wong tahu kok,
kakinya kecil dan pendek, lebih kecil dari kaki sponge bob, nah loh.
Jadilah mereka hanya berputar-putar saja dan banyak yang lalu saling
bertabrakan dengan tahu lainnya. Banyak di antara mereka yang lalu
berhamburan dan mengotori meja yang kelihatannya seperti lapangan
yang sangat luaas sekali, mungkin tiga atau empat kali lapangan
sepak bola di stadiun Senayan, yah, maklumlah kan dalam mimpi itu
aku jadi tahu, tentu bisa dibayangkan tahu ukuran tiga kali tiga
senti dengan meja yang ukuran satu dua puluh kali satu lapan puluh,
tentu beda jauh.

Dalam kepanikan itu, beberapa ada yang lalu pingsan, banyak yang
duduk bengong dan ada sedikit yang kemudian mendekati tahu yang
bertabrakan dan hancur itu. Satu - dua di antara mereka ini lalu
mencoel tahu yang berserakan itu dan mencicipi dengan lidah tahunya.
Dan kemudian berpindah ke tahu yang lain. Lalu aku pun mengikuti
jejak mereka, mencoba mencicipi tahu yang berserakan itu. Dari apa
yang aku rasakan dari coelan tahu itu, ada semacam rasa hambar,
sedikit asam dan sesuatu rasa yang berbau khas, apa itu aku juga
tidak bisa mengatakannya. Rasa ini makin terasa kalau tahu yang aku
cicipi itu berasal dari tahu yang makin sedikit serakan serpihan
tahunya di meja. Lalu aku membalik arah dan mencoba memegang
gumpalan tahu yang masih cukup besar, bagian dari tahu-tahu yang aku
cicipi itu dan menggenggamnya, meremasnya sampai semua tahu yang ku
cicipi itu kembali ku amati. Hmm sepertinya ada hubungan antara
kenyal dan liat serta padatnya tahu-tahu ini dengan rasa khas itu,
tapi apa yah???? Iseng aku memegang tubuh tahu ku dan mencoel
sedikit, wah , sakit nih.... eh ternyata tidak, dan lalu aku raba
tubuhku, maaf, bukan masturbasi loh. Dan hmm, agak padat dan bau
khas itu lebih terasa lagi bau yang tercium dari bagian tubuh
tahuku, lalu aku melihat sekeliling dan kemudian sebagian besar lalu
mencoba mengikuti jejak kami yang mencicipi tahu yang berserakan
itu, namun tetap semuanya masih bingung, sedikit sekali yang
mengikut caraku mencicipi tubuhnya sendiri, mungkin hanya sebuah
tahu lain, dipojok situ, orang ketiga yang mengikuti acara coel tahu
dari awal tadi.

Aku mengamati sekelilingku di meja besar itu, dan aku melihat ada
sebuah piring kecil, di situ ada sepotong benda coklat kehitaman dan
sedikit bagian coklat muda di sana sini, kuning mungkin tepatnya.
Piringnya tipis makanya terlihat olehku tubuh tahu ini. Cukup jauh
kelihatannya dan kalau tidak salah ingat, butuh sekitar empat puluh
langkah tahu untuk mencapai piring tipis itu dan benda coklat di
atasnya.

Penasaran, kudekati dan kuamati benda coklat itu dan ku kelilingi.
Aha, ada sedikit warna kuning dari sela benda bulat-bulat yang
sedikit bagiannya menonjol dipermukaan benda coklat itu, coba
kudekat warna kuning itu dan ku baui, hm hm hmm, hmm, hmmmmmmmm,
hmmmmmmmmmmmmmmmmmm, hehehehehe, aku pun tersenyum kecil dan lalu
meninggalkan piring itu, menuju tempat ku semula dan mulai tidur.
Ya, pura pura tidur siiih... .

Tak lama si raksasa jelek itu mendekat setelah mengamati kekacauan
di meja itu dari kursi malasnya dan melihatku berdiri di atas piring
tipis itu tadi, dan mulai menanyai tahu-tahu yang masih sibuk
berkeliaran di atas meja. Setelah menanyai lebih dari setengah tahu
yang masih tersisa di meja, giliranku pun kena. Lalu aku memohon
untuk bisa mengajukan satu pertanyaan saja ke si raksasa. Seperti
halnya dengan yang lain, aku juga menggunakan kesempatan satu
pertanyaan itu. "Benda yang ada di piring tipis itu terbuat dari
bahan apa?" tanyaku lantang.

Si raksasa tertawa senang dan dia bilang,"Bagus-bagus, itu terbuat
dari kedelai, eh keledai, eh kedelai, namanya tempe goreng. Bagus
hanya engkau yang bisa menjawab soal ini, bagus. Tapi sayang, karena
aku mesti menghidangkan semua tahu yang ada, kamu pun terpaksa ku
goreng." jawabnya sambil terbahak-bahak, menunjukkan giginya yang
besar, jelek dan ompong di sana-sini.

Aku pun agak sedikit marah dan guguup, tapi tak sekejap kemudian aku
mendengar suara dering telepon, alarm bagun pagi ku.... dan aku pun
terbangun. Sial, masa keledai eh kedelai saja bisa lupa.... yah,
sukurlah aku jadi tahu yang agak banyak kedelainya jadi nggak mudah
berantakan dan masih bisa tercium bau kedelainya, duh kalau nggak
apa nggak sudah jadi tahu goreng ...... :) uhhhh, mimpi aneh.

Gitu loh sahabat, mimpi aneh menjelang week end. ADa yang minat ikut
jadi tahu goreng??

jakarta, tiga maret duaribu enam
salam
irwan

Tired of hearing the same songs over and over?
Listen to Internet Radio! Skip songs. Click to listen to LAUNCHcast!
http://us.click.yahoo.com/.mKGzA/HARHAA/kkyPAA/iPMolB/TM