MIE ACEH ENAK DI JAKARTA

dear all...

ada hari ini yg merekomendasi mie aceh Benhill , walaupun ada yg

bilang rasanya standar .. tapi layak juga dicoba supaya gak penasaran ..

namun yg  yg bikin saya penasaran adalah makan mie kepiting disertai dengan
tang ..

TANG ini maksudnya perkakas dari besi yg untuk menarik  paku itu ya ?? terus
fungsi TANG apa ??

wah luar biasa .. tapi memang saya pernah makan di restoran seafood pinggir
jalan

di Medan (dulu di depan pasar peringgan), saat makan kepiting rebus dibekali
juga

dengan batu seperti ulekan ala jawa lengkap dengan telenan dari kayu sebagai
alat

bantu untuk memecahkan kulit kepiting .. sehingga daging kepiting yg lembut
bisa dinikmati.

Jadi suasananya memang jadi seru .. tak tok tak tok .. dulu ibu saya
spesialisasi memecahkan

kulit kepiting  .. krn ada tehnik dan standar kekuatan pukulan dalam memukul
kulit kepiting  ..

kalau terlalu keras .. daging kepiting bisa ikut remuk .. atau jadi terlalu
banyak serpihan

kulit kepiting yg akhirnya bisa menempel pada daging kepiting  , namun jika
terlalu lunak

memukulnya maka kulitnya hanya menjadi retak retak sehingga harus ada usaha
dari jari jemari

untuk menyingkirkan kulitnya, kemudian daging kepiting itu dimakan dengan
sambal nenas + kacang tanah

mie Aceh

Untuk mie aceh, bisa dicoba di " Pondok Mie Aceh Bangladesh" di daerah pasar
minggu.

Kalau dari arah Lenteng Agung, letaknya di sebelah kiri jalan sebelum
underpass pasar

minggu. Untuk rasa boleh diadu....mereka juga menyediakan mie rebus
kepiting...

tapi gak setiap saat tersedia, tergantung stok kepitingnya :D Disini juga

disediakan timphan dan kue bolu khas aceh.....untuk harga tidak memberatkan

kantong...mie rebus kepiting cuma Rp 15000..selamat mencoba...

mie aceh

Mengenai Mie Aceh, bisa juga coba di:

1. Gading Batavia (Kelapa Gading). Namanya Kedai Mangat. Letaknya yang

dipinggir kali/sungai (bukan yang ruko), posisi no dua dari ujung kalau

masuk dari Boulevard Barat. Disini per porsi sekitar 13.000,- Selain Mie &

Nasi Goreng Aceh, ada juga Martabak Telor ala Aceh, yang kulit tepung nya

didalam & telor nya diluar.

2. Dekat Pulomas, dari arah Apartemen Pasadenia, jalan terus ke jalan

Pondasi Ujung, mentok, belok kiri, ada warung Mie Aceh. Per porsi sekitar

6.000,- Disini cuma jual Mie Gr, Rebus & Nasi Gr Aceh.

3. Di belakang Wisma GKBI, ada jalan kecil, kalau tdk salah namanya

jl.Walahar (?)(saya kurang ingat). Persis dipintu masuk area Wisma GKBI

(backside lobby) ada kantin kecil & gerobak jual Mie Aceh.Disini per porsi
sekitar 8.000,-.

mie aceh

Nambahin sedikit. Mie Aceh itu pada dasarnya mirip dengan mie goreng

yang secara umum kita kenal. Yang membedakannya adalah cara memasak dan

kandungan bumbu yang lebih spicy atawa nendang. Untuk kepiting,

sebenernya itu adalah variasi topping dari mie itu sendiri. Ada juga

yang menggunakan udang maupun cumi-cumi. Aliran yang berlaku pada

umumnya adalah menggunakan irisan daging sapi mentah yang ditumis sampai

matang bersamaan dengan bumbu dasar mie.

Pada pertengahan 90an, saya sesekali mampir ke kedai mie Aceh yang

terletak di sebelah kiri pintu masuk Lapangan Golf Seulawah yang

terletak di daerah Pantai  LhokNga. Biasanya saya pesan mie rebus

komplit. Isinya ada daging sapi cincang, udang , kepiting  dengan ukuran

badan sedikit lebih kecil kotak korek api dan cumi-cumi. Yang tidak ada

cuma daging ikan hiu aja ... Sayang, tsunami telah menghancurkan

segalanya. Terakhir saya ke Aceh Juli 2006, yang saya temui hanyalah

hamparan ilalang serta beberapa monumen batu nisan.

Tapi dari satu kedai Mie Aceh dekat Kerkhoff (Kuburan Belanda) Banda

Aceh yang sempet saya kunjungi, ada peningkatan signifikan  terhadap

ukuran  kepiting yang disajikan, kurang lebih 2x ukuran yang dulu biasa

saya makan. Dan  mereka juga sudah menyediakan tang sebagai alat bantu

dalam menyantap kepiting tersebut. Malah sempat terlihat akuarium kecil

berisi pasir yang berisikan beberapa ekor kepiting, yang mungkin sedang

berada dalam antrian untuk masuk kuali :-)

Beberapa teman dan kerabat yang bukan berasal dari Sumatera beberapa

kali mengeluhkan, kenapa rata2 yang berjualan mie Aceh itu dianggap

keras kepala. Dipesan mie yang tidak pedas, tetap saja terasa pedas di

lidah. Ini nggak aneh, karena salah satu bumbu dasar mie Aceh adalah

digunakannya cabai giling.

Di seputaran Jalan Raya Meruya Ilir, tepatnya dideretan ruko sebelum

Alfa Mart kalau dari arah Kebon Jeruk, ada kios mie Aceh yang boleh

dicoba. Namanya "Mie Aceh Jambo Sabang" kalau tidak salah ingat. Buka

dari sekitar jam 3 siang sampai jam 11 malam.

mie aceh

coba di Benhil , mangkal di depan rumah makan padang sederhana

mie aceh

Ada tuh di Restaurant Meutia di Bendungan Hilir sebelahnya ATM BCA,

mereka 1 group ama Restaurant Padang Sederhana Bendungan Hilir yang

ada diseberangnya.Nyamm... nyammm... nyammmmm... jadi kepingin! =)

Have a nice try...!

mie aceh

ada di Mal Artha Gading, Pusat Jajan lt 2 West Food,

Buka dari jam 10.00 - 22.00 WIB ( last order 21.00 Mon - Thu, 21.30 Fri -
Sun )

mie aceh

Saya belum pernah makan mie aceh yang di benhil. Saya pernah dan sukanya
yang di Aceh.

Yang saya suka itu yang pake kepiting dan kayanya emang itu trademarknya,
coba yang kuah deh.

Kalau nggak suka yang terlalu pedas memang harus pesan supaya nggak pedas2
banget,

habis agak terlalu keterlaluan kalau menurut standard lidah saya.

Saya nggak tau kalau di Jakarta disajikannya gimana, tapi di Aceh kalau kita
makan mie

kepiting maka akan disertai dengan tang (kebayang nggak sih ribetnya makan
mie kuah dengan

kepiting lengkap dengan tangnya). disajikan dengan acar (kalo nggak pake ini
emang agak enek

ya saking kuatnya si bumbu. ok banget dipadu sama es timun untuk netralisir
rasa,

atau sama jus terong belanda.aduh jadi pengen ke aceh lagi nih jadinya.

mie aceh

info lagi utk yg suka makanan mie Aceh ada didaerah blok M basement lokasi

persisnya dibawah terminal bis blok M, kalau kita naik busway turun di blok

mie aceh

Coba juga di jalan Surjopranoto (?), Sawah Besar. Dari arah Hayam Wuruk

menuju Pasar BAru. Letaknya di sebelah kiri jalan, pas didepan restoran

Padang Sederhana (baru ganti nama beberapa bulan lalu).  Ancer-ancernya di

seberang pusat onderdil. Tempatnya bukan permanen tapi warung pinggir jalan

dan baru buka sore. Kalo engga diperhatikan, bisa kelewat karena tulisan

"Mie Aceh" cuman bisa dibaca sama yang jual saja. Kecil tidak mencolok. Mie

rebusnya bikin segar. Coba juga nasi goreng, martabak atau roti canenya.

Beberapa kali ajak teman kemari dan mereka kepengen datang lagi. Harganya

juga ga bikin dobol kantong.

mie aceh

sebagai tambahan, saya pernah makan di depan RS Pelni Petamburan Slipi.

Entah karena lapar, udah malem jadi gak ada pilihan lain..atau memang enak..

:-) tapi waktu itu sih sampe abis 2 porsi, satu yg rebus en satu lagi yg
goreng..

mie aceh

tadi siang aku dan teman2 kantor mencoba mie Aceh di RM Meutia yg di Benhil

kami datang jam 12, ternyata tutup karena berbarengan dengan waktu sholat

Jum'at dan baru buka lagi jam 12.30.

karena dari kantor dah niat dan bertekad kuat untuk nyoba mie Aceh di

Benhil, kami rela menunggu 30 menit =D

karena di luar RM panas banget, kami merayu mbak yang jaga untuk mengijinkan

kami menunggu di dalam.

alhamdulillah diijinkan walaupun mba nya dah wanti2 ga akan melayani sebelum
jam 12.30.

setelah menunggu lumayan lama (tunggu yang sholat jumat selesai)...akhirnya

pesanan kami datang juga =D

cuma kayanya salah pesen...harusnya mie kuah, kami pesan mie basah (asumsi

kami tetep berkuah walaupun dikit)

tapi tetep enak (walaupun porsinya lumayan banyak menurutku, ternyata habis

juga!)

untuk minumnya kami pesan teh tarik...jadi semakin kenyang deh hehehehehe

kami pun pulang dengan perasaan puas. ga sia2 juga nunggu lebih dari 30

menit, mie nya emang layak utk dicoba

thx buat semua yg dah kasih info soal mie aceh ya!

mie aceh

salam kenal_Dah lebih seminggu saya hanya baca-baca mesej

aja mau posting takut dah pernah dibahas (kan ga lucu tho)..tapi

yang saya baca dari awal sampai akhir yang cuma topics mie aceh

ini...maklum ngomong-ngomong mie aceh saya juga pernah ngerasain

yang asli bikinan orang acehnya dan belinya juga di aceh (tepatnya

di Langsa di sepanjang jalan Medan - Banda pas jadi relawan tsunami)

ama di medan...kalau namanya tempatnya saya tidak tahu. Oh ya di

depan rumah sakit persahabatan (pisangan pulogadung jakarta timur)

juga ada tapi bukannya ba'da magrib dan kalau pas ramai paling jam

9.30 malam dah habiz. Mengenai cita rasa jelas yang di aceh ga ada

bedanya_tapi menurut teman kami (sesama mantan relawan) yang

kebetulan dia dapat orang Meulaboh...dia ama keluarga mertuanya yang

paling enak mie aceh sementara ini yang RM Meutia Benhil itu..