Di setiap halte busway ada nomor telp. "Pengaduan", Mbak.  Tapi sms
ke situ tarif premium.  Ada lagi : masukin ke milisnya, tapi saya
lupa.  Coba ambil selebaran (apa sih namanya???) yang sering
dibagikan gratis di setiap halte, di situ ada alamat email/milisnya.

Tapi saya rasa, lebih efektif kalo masukin ke koran via Kontak
PEmbaca atau apalah namanya.  Sekalian aja nyebut-nyebut KNKT
(Komisi Nasioal Keselamatan Transportasi - semoga betul
kepanjangannya?)di suratnya, biar pada "ngeh", supaya segera diambil
tindakan sebelum terjadi kecelakaan fatal.

Saya juga pernah dapet supir (cowok) yang bawa busnya kayak supir
bus Mayasari/Bianglala.  Ngebut terussss.... & kalo berhenti jadinya
ngerem mendadak melulu.  Kita di dalem jadi kelempar2.  Saya sudah
teriakin, tapi tetap saja begitu. Saya sampai ngeri waktu lewat
jalan layang Pesing (Koridor 3), karena jalannya sempit.  Ngeri
kejungkal ke bawah trus meledak!!  Kan pake BBG.  Bayangin aja deh
kalo kejadian, berapa yang gosong??  Yang di dalem bus & yang di
jalan raya di bawahnya.  Pasti di koran rame lagi.  Paling-paling
dibilang musibah, kehendak Tuhan, fenomena alam.

Makanya sejak dapet supir di atas sekarang saya gak mau lagi ajak
ortu & anak2 saya pesiar naik Bus Transjakarta karena gak sanggup
bayangin jatuh & meledak.

Ada lagi potensi bahaya yang lain.  Antrian di halte itu kalau
sedang ramai dan berjubel (biasanya SEnin pagi) saya lihat semua
pintu geser untuk masuk ke busnya selalu dibuka.  Mungkin untuk
mempercepat keluar masuk penumpang (tidak menunggu pintu halte
otomatis terbuka/tertutup).  Saya ngeri ngebayangin saat bus
mendekat (dari kejauhan sudah terlihat oleh penumpang yan antri di
halte) terjadi dorong-mendorong trus penumpang yang berjubel pas di
pintu terlempar keluar halte (karena pintunya terbuka!), langsung
disambar oleh Bus Transjakarta yang datang.....!!

Hal-hal kecil yang kelihatan sepele begini dan membahayakan jiwa
kenapa tidak terpikir oleh pengelola yah???  Padahal harusnya di
sana banyak pakar2 transportasi yang pandai dan bisa memikirkan
segala kemungkinan potensi bahaya.  Jangan-jangan karena penduduk
Indonesia sudah terlalu banyak, jadi over supply, harganya nyawanya
jadi murah.

Korban udara sudah (Adam Air + Garuda), laut sudah (Senopati
Nusantara & Levina), darat baru kereta api & saya yakin Bus
Transjakarta menyusul kalau tipe supirnya masih model
Mayasari/Bianglala begitu sementara yang berwenang cuma reaktif gak
antisipatif.

Semoga pihak berwenang ada yang peduli ("ngeh" bahwa ada potensi
bahaya pada Bus Transjakarta karena pengelolaan yang tidak benar) &
segera mengambil tindakan tegas.

Salam.