Renungan Ida Arimurti : "Seorang Amerika dan nelayan Meksiko"

Disebuah desa meksiko yg tenang, seorang Amerika yg sedang berlibur melihat
seorang nelayan
Setempat baru pulang dari melaut pada pagi harinya. Si Amerika, seorang
professor sukses pd
Sebuah perguruan tinggi bergengsi di Amerika, tidak tahan untuk memberikan
wejangan gratis

Kpd si nelayan.
"Hai" sapa si Amerika. " Mengapa pagi-2 sudah plg dr melaut?"
" Karena saya sudah mendapat cukup ikan, Senor," jawab Si meksiko yg ramah
itu,
cukup untuk memberikan makan untuk keluarga saya dan sedikit kelebihannya
untuk dijual.

Sekarang saya akan makan siang bersama istri saya dan, setelah tidur siang
sejenak, saya akan bermain-main

Bersama anak-2 saya. Lalu, setelah makan malam, saya akan pergi ke kedai,
meneguk
sedikit tequila dan bermain gitar bersama teman-2 saya. Itu cukup untuk
saya, Senor."

"Dengarkan saya, kawan," kata Si Professor bisnis." Jika kamu tetap melaut
sampai sore,
dengan mudah kamu akan mendapatkan tangkapan 2 kali lipat. Kamu dpt menjual
kelebihannya,
menabung uangnya, dan dalam waktu 6 bln, atau 9 bln, kamu akan mampu membeli
perahu
yg bagus dan lebih besar dan menggaji beberapa awak.

Kemudian kamu akan mampu menangkap ikan 4 kali lebih banyak. Pikirkanlah
berapa banyak
tambahan uang yg kamu dapatkan!
Dalam 1 atau 2 tahun , kamu akan punya modal utk beli perahu kedua dan
menggaji Awak-2 lain.

Jika kamu mengikuti perencanaan bisnis ini, dlm waktu 6 atau 7 tahun kamu
akan bangga
menjadi pemilik sebuah armada penangkap ikan yg besar. Coba bayangkan itu!

Lalu kamu sebaiknya memindahkan kantor pusatmu ke Meksiko City atau bahkan
ke LA.

Setelah 3 atau 4 tahun di LA., kamu meluncurkan perusahaanmu di bursa saham
dan membuatmu sebagai CEO, dgn paket penghasilan dan hak pembagian saham yg
istimewa.

Dalam beberapa tahun - dengarkan ini!-kamu memulai sekema pembelian kembali

Saham-saham, yg akan menjadikanmu seorang multijutawan! Dijamin! Saya ini
seorang professor
ternama pd sebuah sekolah bisnis di Amerika. Saya tahu soal-2 beginian."
Si nelayan Meksiko itu mendengarkan dgn khusuk apa yg
Dikatakan oleh professor Amerika itu dgn mengebu-gebu.
Ketika professor selesai bicara, Si Meksiko bertanya,

" Tetapi, Senor Professor, apa yg bisa saya lakukan dengan berjuta-juta
dollar itu ? "
"Amigo! Dengan semua duit itu, kamu bisa pensiun. Yeah ! Pensiun seumur
hidup.

Kamu bisa membeli sebuah villa kecil disebuah desa nelayan yang indah
seperti ini, dan
membeli sebuah perahu kecil untuk pergi memancing pada pagi hari.
Setiap hari kamu dapat makan siang bersama istrimu, dan tidur siang sejenak
setelahnya
tanpa perlu mengkhawatirkan apapun. Pada sore hari kamu dapat melewatkan
saat-saat
berkualitas bersama anak-2mu dan, setelah makan malam, bermain gitar bersama
teman-2mu,
meneguk tequila. Yeah!, dengan semua uang itu, kawan, kamu bisa pensiun dan
hidup senaaang."

"Tetapi, Senor Professor, kan sekarang ini saya sudah bisa begitu".
Mengapa kita percaya bahwa kita harus bekerja begitu keras dan
Menjadi kaya raya terlebih dahulu, baru kita bisa merasakan berkecukupan
?...