Resep praktis dan sehat : Pindang  bandeng kecap

Buat teman-teman, kalau lagi malas masak mungkin resep ini bisa dicoba,

karena caranya amat praktis, gak pakai ngulek bumbu segala.

Juga sehat karena tidak menggunakan minyak.

Bahan : 1 ekor ikan bandeng yang besihkan cuci bersih.

(aku sih biasanya beli bandeng tanpa duri di carefour ada, jadi nggak perlu
repot lagi)

Bumbu  :

Cabe merah besar 6 buah

Bawang merah 8 buah

Bawang putih  3 buah

Kunyit satu ruas

Jahe satu ruas

Lengkuas satu ruas

Salam

Sereh

Cabe rawit sesukanya

Kecap manis sesukanya

Garam

Cara membuat:

Semua bumbu kecuali cabe rawit salam dan sereh dibakar

lalu digeprek (bahasa Indonesianya apa ya?-- digepengkan memakai ulekan)

Masukan air sekitar 750 ml (atau sesuai besarnya ikan, bisa dikira-kira)

ke dalam wajan, ceplungkan semua bumbu beri kecap secukupnya

(aku 5 sendok makan) didihkan. Jika sudah mendidih, dan bumbu matang

masukan ikan bandeng dan cabe rawit. Terus dimasak hingga bumbu meresap
dalam ikan.

Agar hasil bagus, api sebaiknya tidak terlalu besar.

Ikan juga jangan terlalu sering dibalik-balik.