paling2 duduk permasalahannya conflict of interest dg bisnis domain yg kian
pesat dengan realita omset network solution (yg dicaplok verisign) plus
greatdomains membuktikan bisnis domain bisa nyaingin aset2 bumn yg mau
dijual di sini tapi repotnya setengah mati.
(sayangnya yg pada banyak duit di sini gak berani bisnis domain gede2an
kayak dotCC ato New.Net yg gila2an itu - visi global para pemegang duit
besar di sini emang poor sih - localist doang, jago kandang gitu - kalo
gak, dulu sebelum diambil Microsoft, hotmail udah punya bumn sini yg listed
di NYSX tuh - gak caya sih - bisanya gedein revenue dari naikin beban
konsumen doang).

back to icann...
emang rapih kalo di dunia selamanya cuman ada gTLD COM/NET/ORG/MIL/EDU plus
cTLD.
tapi ya namanya kreatifitas plus ada yg berani nalangin resiko investasi
buka gTLD baru yg muacem2 ya gimana dong...

kalo ICANN kebanyakan kasih lisensi utk registrar yg mampu juga gak papa kan?
kalo di jakarta ada yg sampe berani jual USD6.65 ato (bahkan kalo perlu
gratis) ya bukan salah icann kan...
mendingan lah ada gebrakan registrar dari timur...
(abad ini eranya teknologi & industri china continental?)

yg bikin berantakan kalo pengurus ICANN jadi disorientasi krn ketularan
orang2 politik Indonesia.
mudah2an sih gak gitu lah...
kecendurngannya kan gini, asal ada yg berani invest, bisa aja tuh dibikin
domain dotASIA ato dotINDONESIA (beda dg ID yg dibawah IDNIC) ato dotEARTH.
ato malah dotJAVA.
jadi nanti bisa bikin mycompany.asia ato citibank.indonesia ato hotcofee.java
asal ada yg berani invest, rayu aja icann, lobi2 yg gak setuju TLD dg nama
begitu, jadi deh.
ada ratusan kali company yg lagi ngejar ke sana.
dan kalo pengurus ICANN ikutan kejar2an setoran ya susah...

selamat menunaikan ibadah puasa bagi yg menjalankannya...

Sulis'tp
-mauikutanbahaskaloadaygperludibahas