> Kecendrungan menggunakan top level domain sepertinya sudah menjadi trend dan
> ada beberapa pendapat bahwa dengan menggunakan domain top level bonafiditas
> suatu perusahaan lebih dipandang ketimbang mengunnakan domain ID sendiri,
> padahal menurut saya, semakin cepat situs tersebut diakses semakin baik
> rasanya, jadi bukan tergantung pada domain yang dimiliki situs tersebut :-)

Pendapat pak Syam benar sekali. Mungkin kecenderungan demikian disebabkan
kurangnya informasi tentang internet secara utuh. Selain itu tanggungjawab
ISP dimana, pencari order ke instansi bagaimana dan pemberi order instansi
seperti apa tanggungjawabnya mungkin perlu dipertegas dalam
formulir atau kontrak transaksinya sehingga kekisruhan soal pemindahan
domain seperti dalam posting sebelumnya yang saya ikuti, bisa
diatasi. Domain lembaga yang jelas bukanlah domain milik seseorang atau
ISP.

Orang yang mengusulkan domain hendaknya bisa lebih bijaksana dan
lapang dada dalam hal ini. Tentu saja untuk mengatasi kemacetan transaksi
domain antar ISP dng peminta domain, kontrak yang ditandatangani dua belah
pihak bisa dijadikan bukti hukum ke pengadilan.

> [...]
> sendiri dengan suatu bentuk promosi misalnya, baik melalui media masa cetak
> maupun elektronik. Satu lagi, say fikir sudah dipandang perlu IDNIC juga
> memiliki  perwakilan di daerah-daerah, minimal tingkat provinsi dan hal ini
> juga akan sangat membantu dalam proses sosialisasi domain ID sehingga
> nantinya pola fikir pengguna jasa domain sudah tidak "Top Level Minded" lagi
> :)... dan untuk pengurusan domain kita buat sesederhana mungkin serta tidak
> berbelit dengan mengacu kepada aturan-aturan yang telah ditetapkan.

Dengan internet dan servis on line yang serba cepat dan bebas jarak, saya
kira IDNIC tidak perlu membuka cabang di provinsi, namun pemikiran pak
Syam untuk memasang banner idnic di homepage ISP-ISP patut didukung
sebagai salah satu langkah sosialisasi tld ID didaerah-daerah.

Salam
-marno-