Pak Budi,

Terimakasih atas penjelasan lanjutannya. Form ubah domain damar.or.id itu
masih di Techscape semua name server-nya. Sepertinya, pindah ke name server
mereka yang server-nya ada di luar negeri (dengar2 server mereka di "dekat"
IIX sudah full), agar kami bisa pakai hosting mereka.

Kami sudah telpon ke mereka lagi, Techscape, sore ini, Jum'at, 9 Agustus
2002. Mereka akan kirim email request lagi (form ubah) ke IDNIC.
Berkaitan dengan penjelasan dari Pak Yanto, ada form yang tidak di-reply
oleh Techscape, dijawab oleh Technical Support-nya, kadang IDNIC tidak
menerima reply email dari mereka. Saya cerita di-sini bukan untuk "mengadu"
antara IDNIC dengan perusahaan web hosting. Saya memaklumi kalau IDNIC, yang
kerja volunteer, masih "menata" sistem-nya. Cuma, kadang kalo ada
"lempar-lemparan" seperti ini, saya bingung aja, yang benar terus yang mana.
Lha, kami nggak tahu apa-apa.

Sekedar usul Pak Budi, dan bagi komunitas internet di Indonesia.
Bisa nggak ya, ada perusahaan internet di Indonesia yang menyewakan
fasilitas name server, untuk kami-kami yang belum "mampu" untuk sewa
dedicated server ini ?
Jadi, di sana, kami akan dapat me-manage domain kami sendiri (domain .ID
tentunya). Di sisi IDNIC nggak perlu full script/otomatis. Tapi, di sisi
kami, yang me-manage domain, bisa pake fasilitas script. Jadi, kami selaku
"pemilik" domain, dapat menggunakan hosting dari perusahaan mana saja.

Bayangan saya (maaf kalo salah, maklum saya masih newbie berkaitan dengan
DNS, name server, dsbnya):
IDNIC seperti Netsol, yang memanage database-nya domain.
Terus, ada perusahaan (sebut A), yang seperti registrar. Lewat A tadi, kami
dapat daftar domain .ID (tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di
IDNIC). Setelah proses pendaftaran selesai, kami dapat me-manage domain .ID
tersebut. Misal, saya mau hosting di perusahaan B. Ya tinggal isi name
server-nya perusahaan B. Begitu seterusnya.
Pengelola domain .ID tadi, ya tetap kami. Perusahaan A, hanya menyewakan
fasilitas name server-nya.

Maaf, kalau saya jadi berandai-andai dan ber-khayal. Udah gitu, kalo
khayalannya salah, ya mohon dimaklumi ...... :-)
Nuwun.
Wassalaam,

Budhi S.