On Fri, Aug 09, 2002 at 07:03:52PM +0200, Paustinus Siburian wrote:
> Dari pesannya Pak Budi seolah-olah ini hanya
> soal mailserver yang kurang benar set up-nya.
> Kenyataannya bukan begitu.

Capek saya menjelaskan kalau yang muncul hanya curiga melulu :(
Jika anda cek beberapa email terakhir, maka anda akan
melihat bahwa kami sedang memperbaiki sistem dan ada
beberapa fungsi yang tidak bekerja (termasuk email, web, dsb.)
Ada beberapa pendaftar yang memberitahukan bahwa mailnya mental
(dari muara).

> Your mail to 'Idnic' with the subject
>
>     OECD Governments Launch Drive to Improve Security
> of Online
> Networks
>
> Is being held until the list moderator can review it
> for approval.
>
> The reason it is being held:
>
>     Post by non-member to a members-only list

Yang ini seringkali terjadi jika user menggunakan alamat
email yang berlainan dengan yang digunakan untuk berlangganan.
Ini terkait dengan account name, program mail yang digunakan.
Di berbagai milis saya sering "tertangkap" oleh hal ini
karena account name yang saya gunakan tidak sama dengan
alamat email yang digunakan dan ini juga bergantung kepada
mail agent yang saya pakai.
Jika pakai mutt sering gagal, tapi jika saya menggunakan Pegasus
selalu berhasil. (Namun kalau di jalan, susah pakai Pegasus
karena SMTP akan menolak email saya dari IP yang bukan internal.)

Sekalian saya jawab ulang email pak Paustinus, karena email
saya terdahulu di-reject oleh milis IDNIC dan saya nggak ada
copynya (karena waktu itu lagi di jalan).

Saya lupa point-point yang waktu itu mau saya jawab.
Seingat saya...

1. Saya tidak melanjutkan diskusi karena informasi yang diberikan
   oleh Chelloz (Marcellus) sudah komplit. Jadi kalau saya jawab,
   ya jawabannya sama saja. Lagian, saya malas berdebat kusir
   yang nggak ada ujungnya. Apalagi harus remote access dari jalan
   dimana aksesnya lambat (dan harus blind typing, karena nggak
   melihat characters di screen)

2. Anda mengatakan bahwa ICANN lebih terbuka?
   Wah, ini dari mana? Di milis ccTLD yang saya ikuti, justru banyak
   keputusan dari ICANN yang sepihak tanpa memperdulikan komunitas
   (dalam hal ini ccTLD). Sebagai informasi saja, .ID termasuk yang
   memiliki hubungan baik dengan ICANN. Banyak yang tidak mau diskusi
   dengan ICANN karena tidak ada kontrak antara ICANN dengan ccTLD
   yang bersangkutan.
   Jika anda perhatikan, dan ikuti milis ini, serta ikuti komunitas,
   maka anda akan melihat bahwa IDNIC ini *sangat terbuka*.
   Coba saja perhatikan deh... Nanti anda akan melihat complaint,
   makian, saran, dan sebagainya muncul di milis ini dan di forum
   terbuka.
   Contoh lain, beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan perwakilan
   dari amazon.com yang kami tolak pendaftarannya. Mereka mempertanyakan
   tentang penolakan dengan basis indikasi geografis.
   Saya katakan kepada mereka, cobalah mereka membuat roundtable
   discussion dengan mengambil komunitas IDNIC, buat rapat beberapa kali
   (saya nggak usah ikutan) untuk membahas pro dan kontra tentang
   indikasi geografis. Nanti hasilnya dilaporkan kepada milis ini untuk
   pertimbangan pengambilan keputusan. Namun, sampai saat ini sayangnya
   tidak ada followup dari mereka.
   (Mekanisme yang sama pernah kami lakukan untuk co.id, dan hasilnya
   adalah aturan yang ada saat ini. ternyata itu yang diinginkan
   oleh komunitas.)

Demikian pak Paustinus. Mudah-mudahan bisa menjadi informasi tambahan.

-- budi