On Sat, Aug 10, 2002 at 06:03:06AM +0700, Budi Rahardjo wrote:
> Capek saya menjelaskan kalau yang muncul hanya curiga melulu :(
> Jika anda cek beberapa email terakhir, maka anda akan
> melihat bahwa kami sedang memperbaiki sistem dan ada
> beberapa fungsi yang tidak bekerja (termasuk email, web, dsb.)

Sebenarnya tidak perlu capek kalau pihak yang protes bersedia
meneruskan source mail yang direject berikut header, sehingga
semua bisa melihat sebenarnya apa yang terjadi. Toh sudah kadung
'thread' ini diangkat ke public :-) Tentu saja tidak menutup
kemungkinan bertanya langsung per japri, yang seringkali justru
lebih cepat.

Ide memberi tahu dulu (announcement) seperti usulan patakaid
at yahoo dot com juga bagus. Toh kita tidak bisa selalu
100% tidak akan melakukan kesalahan.

Terserah ini mau dibilang kritik/bukan, saya sendiri tidak
bermaksud mengkritik, apalagi ini tidak hanya berkaitan langsung
dengan idnic. Tapi memang kebiasaan admin selalu menggunakan
prinsip: diam adalah emas di saat dan waktu yang kurang tepat.
Kebiasaan ini kurang baik untuk 'networking'. Kalau ada yang
salah, bilang saja ada yang salah (dgn announcement misalnya),
terutama tak kalah pentingnya: salahnya dimana, sehingga
lebih banyak yang bisa membantu. Kebiasan-kebiasan seperti ini
menurut saya sebenarnya patut dianggap sebagai neoplasma
(sel kanker) yang patut dibasmi secara radikal. Kalau ada yang
tidak mau mentolerir kesalahan, silakan yang bersangkutan
mengungsi ke planit lain saja.  IMHO.

BTW, kalau sekedar jadi postmaster saja, lebih tepat membantu
setting milis ini, mungkin saya masih punya kelebihan waktu.
Itu kalau saya tidak terlalu underestimate terhadap permasalahan
yang dihadapi oleh sistem mail idnic :-) Anyway, saya bukan
paranormal.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja