Menurut saya dengan mengklasifikasikan sebagai OOT, hal ini perlu juga
dilemparkan ke forum ini untuk semakin diketahui terutama oleh orang-
orang yang berkecimpung dalam bidang IT yang pasti ada dan jumlahnya
banyak juga disini dan tentunya yang peduli, betapa arogannya Telkom
ini.
Lantas mendiskusikan, lalu kemudian mengambil suatu sikap terhadap
kelakuan telkom yang pasti akan banyak merugikan para pengguna dan
pebisnis internet.
Yang pasti kalau memang akhirnya telkom benar bisa menguasai internet
nantinya, dengan kebijaksanaannya menutup SMTP servernya sementara ISP
lain katakan misalnya telah KO semuanya, maka tidak akan ada gunanya
semua domain *.ID yang diproduksi oleh IdNIC ini kecuali mungkin hanya
telkom.net.id atau telkom.co.id saja. Bubarlah akhirnya IDNIC dan APJII
karena untuk biaya operasionalnya tidak akan cukup hanya mengandalkan
dua domain ini saja.

Setelah memenangkan perangnya secara tidak sehat dalam soal SLI dengan
indosat di Wartel, ternyata perang masih dilanjutkan ke bidang internet
ini. (saya tidak tahu, kemungkinan dalam VoIP juga?!)
Tampaknya kemenangannya di wartel ini belum memberikan kepuasan terhadap
nafsu arogan / monopolisnya.
Kalau tidak dicegah, saya khawatir internetpun akan dikuasainya sendiri,
dan kebebasan dunia internet yang menjadi kebanggaan dan memiliki
kenikmatan tersendiri bagi penggunanya di seluruh dunia, untuk indonesia
akan sirna oleh ulah telkom ini.

Hal ini sudah terlihat dengan menutup fasilitas SMTP servernya untuk
penggunaan oleh user yang tidak menggunakan domain mereka, meskipun dial
/ konek menggunakan TelkomNet instant juga. Lalu akses ke Indosat
termasuk akses ke semua situs yang ditempatkan disana seperti
saranaonline.com, situs pln untuk cek dan bayar rekening pln online
telah ditutup pula  (walaupun kadang-kadang  masih bisa diakses).

Untuk itu saya berharap dalam forum ini akan ada orang yang peduli
terhadap hal ini seperti Roy Suryo yang berani melawan ke
sewenang-wenangan Telkom.

salam,
Fahrizal